Kompas.com - 12/09/2012, 21:23 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

MOROTAI, KOMPAS.com - Semarak Sail Morotai mulai terasa di Kota Ternate. Spanduk Sail Morotai yang bertemakan "Mutiara di Bibir Pasifik" sudah terlihat ketika kita ingin keluar dari Bandara Baabullah, Ternate, Maluku Utara. Bukan hanya di bandara, spanduk promosi dan dukungan terhadap Sail Morotai banyak terlihat di sudut kota Ternate hingga Tobelo.

Para wisatawan yang ingin mengunjungi acara Sail Morotai melalui Ternate, jika ingin menempuh perjalan ke Pulau Morotai harus menyeberang melalui pelabuhan kota baru menuju ke Kota Sofifi dengan biaya kapal Rp 50.000 per orang dengan waktu tempuh 30 menit. Lalu melanjutkan perjalanan menuju Tobelo menggunakan taksi dengan tarif Rp 90.000 per orang. Jika datang beramai-ramai bisa menyewa taksi tersebut dengan harga sekitar Rp 300.000 - Rp 500.000 dengan perjalanan 4-5 jam.

Perjalanan menuju Pulau Morotai belum selesai. Kita harus melanjutkan perjalanan lagi dari Tobelo menuju Pulau Morotai menggunakan speedboat dengan tarif Rp 100.000 selama 1,5 jam.

Setelah sampai para di Pulau Morotai, kita dapat menaiki ojek motor dengan membayar Rp 20.000 untuk sampai di tempat acara Sail Morotai 2012.

Sail Morotai adalah agenda untuk mempromosikan Pulau Morotai sebagai salah satu obyek wisata di Maluku Utara. "Kita harapkan Sail Morotai sebagai hamparan dari budaya hibualamo atau rumah besar yang akan semakin mengeratkan kebersamaan, persahabatan dari komponen budaya sehingga menjadi modal untuk membangun daerah dan masyarakat berbudaya," ujar Kadis Pariwisata Tobelo, Oce Papilaya, saat ditemui di kediamannya di Desa Gura, Tobelo, Rabu (12/9/2012).

Pulau Morotai dengan luas 695 mil persegi atau 1.800 kilometer persegi adalah nama sebuah pulau sekaligus kabupaten definitif baru yang terletak di Kepulauan Halmahera. Sebagai bagian dari Provinsi Maluku Utara, Morotai merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia. Kabupaten Pulau Morotai diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto, pada 29 Oktober 2008, sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.