Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyimak Bakar Lobster Terbesar di Sail Morotai

Kompas.com - 14/09/2012, 04:49 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Sail Morotai 2012 berupa bakar Lobster raksasa dilaksanakan pada Kamis (13/9/2012) malam. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono dan Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif Cicip Sutardjo menghadiri langsung acara tersebut didampingi Bupati dan Wakil Bupati Pulau Morotai, Rusli Sibua dan Wenny Paraisu.

Sejak Kamis Sore, kawasan pertokoan hingga ke areal tugu deklarasi Daruba, Morotai dipenuhi ribuan warga termasuk unsur jajaran Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai. Mereka menyiapkan peralatan untuk mensukseskan acara bakar Lobster terbanyak. Sebanyak 2.012 ekor Lobster disediakan dalam acara tersebut.

Hiruk pikuk warga yang memadati Daruba, Ibu Kota Kabupaten Pulau Morotai itu terdengar sejak petang. Diperkirakan tamu undangan termasuk warga yang menghadiri acara tersebut sebanyak 5.000 orang. Mereka menanti kehadiran Menkokesra, Menteri Kelautan dan Bupati Pulau Morotai untuk membuka acara tersebut.

Tepat pukul 21.00 WIT, rombongan Menteri tiba dan kegiatan bakar lobster pun dimulai. Tempat pembakaran disediakan oleh panitia dengan jarak kurang lebih 800 meter. Meski jumlah lobster yang disediakan hanya 2.012 ekor, para peserta yang membakar lobster tersebut berjumlah 2.236 orang. Terdiri dari utusan masing-masing SKPD Pulau Morotai serta sejumlah perwakilan dari berbagai desa yang ada di Morotai. Para peserta ini hanya membakar begitu saja.

Agung Laksono dan Syarif Cicip Sutardjo yang menghadiri acara turut serta membakar Lobsternya. Sedangkan yang menikmatinya adalah para tamu-tamu Sail Morotai seperti para Veteran PD II dari Amerika, Jepang dan Australia, para yachter peserta Rally Yacht, para undangan Sail Morotai baik dari luar maupun dalam negeri. Termasuk juga para wisatawan dari mancanegara.

Asap yang begitu tebal di malam hari tidak membuat ribuan orang beranjak dari lokasi pembakaran lobster. Ada yang ingin mencicipi lobsternya, ada pula yang hanya ingin berfoto-foto. Acara bakar lobster tidak semata untuk memeriahkan Sail Morotai. Acara ini dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada wisatawan maupun para investor bahwa lobster merupakan salah satu dari sekian banyak potensi kelautan yang ada di Morotai, Maluku Utara.

Bupati Pulau Morotai, Rusli Sibua mengatakan, lobster di Morotai merupakan lobster yang memiliki ukuran terbesar di Maluku Utara, bahkan terbesar di Indonesia. Hanya saja, ukuran lobster di Morotai dapat berubah-ubah sesuai kondisi alamnya.

"Biasanya pada bulan Februari, Maret April itu jenis lobster di Morotai lebih besar dari lobster biasa. Sedangkan di bulan-bulan lain ukurannya biasa saja. Itulah keunikan lobster yang ada di Morotai," kata Rusli Sibua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com