Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyeberang Laut Diserang Kutu Busuk

Kompas.com - 19/09/2012, 07:35 WIB
Hery Prasetyo

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Peserta Jelajah Sepeda Bali-Komodo harus melewati laut dari Pelabuhan Padang Bai, Bali, ke Pelabuhan Lembar, Lombok pada etape pertama, Selasa (18/9/2012). Seluruh peserta diangkut KM Dharma Kencana III, menempuh perjalanan 4,5 jam. Setelah cukup lelah bersepeda sejauh 60 kilometer dari Badung ke Padang Bai, para peserta pun memanfaatkan waktu 4,5 jam untuk istirahat. Apalagi, setiap orang mendapat satu tempat untuk tidur.

Namun, sebagian peserta tidurnya terganggu oleh bangsat. Ternyata, beberapa tempat tidur itu menjadi sarang bangsat, binatang kecil penghisap darah itu. "Wah, aku enggak bisa tidur. Begitu tidur, badan pada gatal dan pedas, diserang bangsat," demikian keluh Pramana, peserta dari Kompas Gramedia Cyclist (KGC).

Peserta lain, Fredy, mengeluhkan hal sama. Menurutnya, kutu busuk itu begitu cepat menyerang. Terpaksa, ia pindah dan memilih keluar menyaksikan laut.

Begitu tiba di Lembar, para peserta pun langsung melanjutkan perjalanan ke Senggigi, menempuh jarak sekitar 50 kilometer. Meski ada pengalaman unik diserang kutu busuk, secara keseluruhan peserta puas. Sebab, ini perjalanan unik. Bersepeda disambung naik kapal.

"Ini unik, saya sempat kecapekan, tapi seneng. Selain karena pengalaman yang berharga, juga pemandangan yang asyik," kata Endi Nila Kandi.

Sebagian peserta memang jarang melakukan tur sepeda jarak jauh. Sehingga, di hari pertama sempat agak kaget. Namun, mereka tetap saja tak sabar untuk melanjutkan etape-etape berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com