Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga UEA Minoritas di Negeri Sendiri

Kompas.com - 21/09/2012, 21:51 WIB
Subhan SD

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Uni Emirat Arab berkembang makin maju. Gedung-gedung tinggi terus bermunculan terlihat dari udara saat pesawat Garuda yang saya tumpangi hendak transit di Bandara Dubai, Jumat (21/9/2012).

Dua kota utama yaitu Dubai dan Abu Dhabi yang seminggu sebelumnya dikunjungi, menjadi pusat bisnis yang berkembang pesat, tidak hanya di Timur Tengah tetapi di lingkungan global. Perbankan, perdagangan, properti terus tumbuh. Kontribusi minyak terhadap nasional hanya sekitar 15 persen.

Tidak mengherankan negara kecil di Teluk Persia itu menjadi magnet yang menyedot warga dari seluruh penjuru dunia. Begitu banyak warga asing yang bekerja di UEA. Ternyata warga asing lebih banyak di UEA, bahkan melebihi jumlah penduduk UEA sendiri.

Penduduk UEA sekitar 8,3 juta orang. Tere, pemandu dari Sharaftours Dubai, menyebutkan, dari jumlah itu, penduduk asli sekitar 16 persen saja. Sebagian besar yaitu 62 persen lainnya adalah orang asing, yang datang dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di antara orang asing itu yang paling banyak adalah orang India (32 persen). Sisanya adalah warga Arab lainnya (non-UEA). Penduduk UEA ternyata minoritas di negerinya sendiri. (Subhan SD dari Dubai)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com