Kompas.com - 22/09/2012, 11:50 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Pariwisata di Provinsi Bangka Belitung terus menunjukkan geliatnya. Prospek menjanjikan yang muncul seiring dengan meningkatnya investasi dalam bidang properti mendorong Garuda Indonesia untuk menambah frekuensi penerbangan ke Pangkal Pinang tahun depan.

Marketing and Sales Manager Garuda Indonesia Branch Office Pangkal Pinang, Rinaldi, mengatakan, Garuda akan menambah satu kali penerbangan lagi sehingga total frekuensi penerbangan ke Bandara Depati Amir mencapai tiga kali sehari.

"Tahun ini kita melayani dua kali penerbangan setiap hari. Rencananya tambah terbang pagi di 2013, jadi tiga kali penerbangan," ungkapnya kepada Kompas.com, Rabu (19/9/2012).

Pada tahun 2012, dari 14 kali penerbangan rute Jakarta-Pangkal Pinang, Garuda memiliki dua di antaranya. Menurut Rinaldi, langkah penambahan jam terbang diambil karena prospek pariwisata di Bangka Belitung yang makin jelas. Garuda Indonesia mencatat peningkatan kunjungan ke Bangka Belitung untuk tujuan wisata meningkat sebesar 20 persen dan diikuti kunjungan untuk tujuan bisnis.

Tahun ini, tingkat isian penumpang Garuda untuk rute Jakarta-Pangkal Pinang mencapai 85 persen. Rinaldi yakin, indikator ini akan terus meningkat seiring penambahan jam terbang dan kemajuan infrastruktur di Bangka Belitung.

"Rute Jakarta-Pangkal Pinang buka tahun 2000. Waktu itu, infrastruktur belum maksimal. Padahal, banyak tujuan wisata yang sebenarnya bisa dilihat. Wisata yang bagus dan unik dengan bebatuan, pantai bagus tetapi investasi untuk mengelolalanya belum banyak," tuturnya.

"Sekarang, itu sudah banyak berkembang, properti sudah terus dibangun. Ke depan Babel ini prospektif dari segi pariwisata. Properti banyak masuk untuk mengembangkan pariwisata. Untuk wisata pantai kan orang sudah sering ke Bali, Lombok, nah sekarang ada alternatif ke Belitung," tambahnya.

Bangka Belitung terkenal dengan wisata alam yang indah dan wisata kuliner yang lezat. Selain itu, destinasi ini makin ramai karena sumber daya alam timah yang melimpah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.