Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulanya "Mister", Masuk NTT Jadi "Bro"...

Kompas.com - 24/09/2012, 11:55 WIB
Hery Prasetyo

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Sambutan masyarakat secara spontan kepada tim Jelajah Sepeda Bali-Komodo yang diselenggarakan harian Kompas cukup besar di sepanjang jalan. Uniknya, mereka selalu memanggil para pesepeda dengan sebutan "mister". Namun, begitu memasuki Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebutan berganti menjadi "bro".

"Halo mister," demikian sapa masyarakat, dari anak-anak sampai orang tua, setiap tim jelajah melewati mereka.

Panggilan itu terjadi sejak di Senggigi, Lombok, sampai memasuki Sumbawa, Sumbawa Besar, dan kemudian Bima. Sementara saat tim memasuki Labuhan Bajo, Manggarai Barat, NTT, panggilan dari masyarakat sudah berubah. Mereka tak lagi menyapa tim jelajah sepeda dengan sebutan "mister", melainkan "bro".

Kedua sebutan itu jelas dari bahasa Inggris. Mister artinya tuan, dan bro adalah singkatan dari brother yang maksudnya saudara (laki-laki). Meski sudah tahu artinya, beberapa pesepeda sempat agak heran. Sebab, mereka semua adalah pribumi dan bertampang lokal, tapi kenapa masyarakat memanggil dengan sebutan bahasa Inggris, seolah para anggota tim jelajah sepeda adalah orang asing atau bule.

Oket, salah satu marshall jelajah sepeda, punya penjelasannya. Ia pernah bersepeda dari Jakarta sampai Bima. Sehingga, ia cukup tahu daerah sepanjang Bali-Komodo. Menurutnya, di daerah Pulau Sumbawa dan Flores, jarang ada orang tur menggunakan sepeda. Kalau ada, biasanya bule. Sehingga, tim jelajah sepeda pun dikira dari luar negeri juga.

"Bule banyak yang bersepeda menjelajahi Sumbawa dan Flores sejak dulu. Sebab, kedua daerah ini memang eksotis," jelas Oket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com