Kompas.com - 29/09/2012, 22:12 WIB
|
Editorkadek

JAKARTA, KOMPAS.com - Matahari masih enggan menampakkan wajahnya saat orang-orang sambil menggendong backpack berisi penuh berbondong-bondong menuju Dermaga Bahtera Jaya, Jakarta Utara, Sabtu (29/9/2012).

Dermaga yang berada di teluk Jakarta Utara tersebut menjadi titik kumpul peserta Gabung Mulung Tidung yang dilaksanakan oleh Komunitas Kaki Gatel. Setelah menunggu untuk keperluan registrasi, pukul 9 pagi, kapal bertolak dari dermaga menuju Pulau Tidung.

Lima kapal disiapkan untuk mengangkut peserta yang berjumlah sekitar 1.400 orang. Setelah melalui perjalanan selama dua setengah jam, akhirnya kapal berlabuh di dermaga pulau yang menjadi salah satu gugusan Kepulauan Seribu tersebut.

Gabung Mulung Tidung kali ini merupakan kali ketiga dilaksanakan setelah 2 kali sebelumnya juga menyedot ratusan peserta. Agenda utama kegiatan ini yaitu memulung. Tentu saja sambil tetap berwisata di Pulau Tidung. Mengapa? Alasannya sederhana saja, untuk turut menjaga kebersihan lingkungan pantai yang telah kotor oleh sampah.

"Sampah yang ada tidak hanya berasal dari warga pulau sendiri tetapi juga datang dari 13 muara sungai dari Jakarta," ungkap Ketua Pelaksana Gabung Mulung Tidung Bartasan Wauran kepada Kompas.com, Sabtu (29/9/2012).

Arta menambahkan, sampah-sampah yang mereka pulung berupa sampah kering dari kawasan Tanjungan, yang berada di dekat jembatan cinta pulau Tidung, hingga pesisir pantai di Pulau Tidung Kecil.

Para peserta terlihat sangat antusias memulung sampah di sekitar pesisir pantai. Peserta yang terbagi menjadi 30 kelompok tersebut bahu-membahu memunguti sampah dan memasukkannya ke dalam kantung besar.

Menurut Arta, dipilihnya Pulau Tidung sebagai lokasi memulung, adalah untuk menjaga kebersihan lingkungan pulau tersebut. Selain itu, Tidung memiliki suatu ikon yang dapat dijadikan titik wisata, yaitu Jembatan Cinta.

Konon, jika melompat dari jembatan ini, bagi peloncat yang masih lajang akan segera menemukan pasangannya. Dalam beberapa tahun belakangan, Pulau Tidung berkembang pesat menjadi sebuah destinasi wisata favorit bagi wisatawan asal Jakarta dan sekitarnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.