Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelar Siram Holi, Saatnya Makan Sukun Botak

Kompas.com - 30/09/2012, 18:23 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya memulung, agenda Gabung Mulung Tidung (GMT) pada 29-30 September 2012 yang diselenggarakan oleh Kaki Gatel juga Holi Color. Sebuah acara layaknya perayaan Holi di India.

Pada Holi Color GMT ini yang berlangsung pada Minggu (30/9/2012), seluruh peserta saling menyiram air yang yang telah dicampur dengan pewarna yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara.

Usah seru-seruan dengan bersiraman hingga basah, selanjutnya dilanjutkan dengan adu tarik tambang. Puas bermain, tak lengkap tanpa menikmati kuliner khas Kepulauan Tidung.

Menurut Bupati Kepulauan Seribu Achmad Ludfi, Pulau Tidung memiliki kudapan khas, yaitu sukun botak. Disebut sukun botak, karena tekstur kulitnya yang halus mirip kepala manusia.

"Kita memang sedang merencanakan pengembangan kuliner khas Kepulauan Seribu," tambah Ludfi.

Salah satu kuliner khasnya adalah Ikan Cabut Duri. Disebut demikian karena ikan yang disajikan sengaja dicabuti durinya. Sehingga pada waktu menyantap Ikan Cabut Duri, penikmat tak perlu repot memilah duri.

Namun, tambah Ludfi, Ikan Cabut Duri ini baru bisa didapatkan di sekitar Pulau Pramuka. Kuliner lain dari bahan ikan yang bisa didapatkan di Kepulauan Seribu lainnya adalah ikan Selar Asin. Menu ini adalah ikan selar yang dikeringkan, lalu ditaburi dengan garam.

"Walaupun cuma ditaburi garam, tapi ada rasa berbeda," tutup Ludfi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com