Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Mana Turis Taiwan?

Kompas.com - 02/10/2012, 18:07 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di bulan Agusus 2012 memang mengalami penurunan jika dibandingkan Juli 2012. Namun, jika dibandingkan tahun sebelumnya yaitu Agustus 2011, mengalami peningkatan.

Sebagian besar negara-negara asal wisman mengalami pertumbuhan. Tetapi, untuk wisman asal Taiwan malah mengalami penurunan hingga 11,4 persen di Agustus 2012 jika dibandingkan Agustus 2011.

“Kita coba selidiki penurunan ini. Pertumbuhan perekonomian di Taiwan memang sedang turun. Selain itu, mereka sekarang bisa langsung ke Tiongkok (RRT), dulu mereka harus lewat Makau dan Hongkong, tidak boleh langsung, sekarang boleh langsung,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (1/10/2012).

Hal tersebut, katanya, memberikan alternatif destinasi wisata bagi turis asal Taiwan. Apalagi, lanjut Mari, wisman asal Taiwan saat ini juga tidak perlu memakai visa untuk datang ke Eropa sehingga mempermudah mereka untuk pergi ke Eropa.

Ia mengakui Garuda telah membuka penerbangan langsung Jakarta-Taiwan. Namun, penerbangan langsung tersebut baru saja dimulai.

Oleh karena itu, saat Menparekraf berkunjung ke China baru-baru ini, pihaknya mengadakan pertemuan dengan empat perwakilan Garuda yaitu Shanghai, Beijing, Guangzhou, dan Taiwan, untuk membicarakan promosi pariwisata.

“Kita sepakat untuk menarik wisatawan MICE (meeting, incentive, convention, event) dan golf. Garuda akan buat paket khusus untuk golf tourism (wisata golf). Taiwan dan China banyak pengeluaran untuk MICE terutama untuk incentive. Ini menjadi perhatian khusus untuk Taiwan dan kita kerja sama promosi bersama-sama Garuda,” jelas Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com