Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhelatan APEC Dongkrak Arus Wisatawan

Kompas.com - 04/10/2012, 16:30 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun depan Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan pertemuan Asia Pacific Economic Corporation. Acara tersebut diharapkan mampu mendongkrak arus kunjungan wisatawan asing.

Pemerintah mentargetkan wisman sebanyak 9 juta orang pada tahun 2013. Target tersebut diyakini bisa tercapai karena Indonesia juga menjadi tempat penyelenggaraan ajang Miss World.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Kamis (4/10/2012) mengatakan, kedua acara tersebut akan berlangsung di Bali. Kedua acara tersebut akan menarik minat wisatawan. Apalagi lokasinya di Bali, yang sudah dikenal masyarakat internasional.

"Karenanya kami tidak ingin acara tersebut terlewatkan begitu saja. Negara manapun yang menyelanggarakan APEC bisa menggunakan event ini sebagai promosi untuk negaranya," katanya.

Dia mengatakan, dengan mempertimbangan dua acara level internasional tersebut, pemerintah mentargetkan kunjungan wisman sebanyak 9 juta orang atau naik 12,5 persen dari tahun ini, yang ditetapkan sebanyak 8 juta orang.

"Kami yakin APEC bisa berkontribusi banyak. Apalagi sepanjang tahun ada meeting dan juga side event yang akan digelar. Selain APEC, tahun depan Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi perhelatan Miss World. Makanya kami optimistis target itu bisa tercapai," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com