Naik Apa ke Jayapura?

Kompas.com - 05/10/2012, 10:21 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Mendengar Jayapura, maka banyak orang langsung berpikir jarak yang jauh. Memang, untuk pelancong dari ibu kota negara, Jakarta, Jayapura begitu jauh. Perlu waktu sekitar 8 jam perjalanan udara untuk mencapai Bandara Sentani, pintu masuk kota Jayapura.

Namun, anggapan jauh bisa berubah jika pelancong datang dari belahan timur Indonesia, entah dari Kupang di Nusa Tenggara Timur ataupun Ambon di Provinsi Maluku. Paling sering tentu saja dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Bahkan, penumpang dari Jakarta pun biasanya harus transit di Makassar. Beberapa maskapai melakukan transit dua kali jika berangkat dari Jakarta, yaitu di Makassar dan Biak, Papua. Lama di udara untuk rute Jakarta-Jayapura sebenarnya hanya sekitar 5 jam.

Terasa lama karena proses check-in dan waktu transit, serta pesawat yang harus menunggu giliran karena kemampuan bandara yang sudah melebihi kapasitas. Lama perjalanan tentu lebih pendek jika terbang dari Kupang, Ambon, maupun Makassar.

Dari Makassar ke Jayapura sendiri hanya sekitar tiga jam. Saat ini ada enam maskapai nasional yang melayani rute ke Jayapura, yaitu Lion Air, Garuda, Merpati, Express Air, Sriwijaya Air, dan Batavia Air. Total frekuensi ke Jayapura dari Jakarta mencapai 10 kali dalam sehari.

Garuda Indonesia melayani rute Jakarta-Jayapura sebanyak tiga kali sehari. Rute Jakarta-Jayapura ada pada pukul (WIB) 05.00, 21.10, dan 21.20. Ketiganya mengambil rute transit yang berbeda. Ada tiga rute yaitu Jakarta-Denpasar-Timika-Jayapura, Jakarta-Makassar-Jayapura, dan Jakarta-Makassar-Biak-Jayapura.

“Kisaran harga untuk Jakarta-Jayapura, dari harga terendah sampai paling tinggi adalah Rp 2,2 juta dan Rp 5,3 juta,” kata Manajer Komunikasi Eksternal Garuda, Ikhsan Rosan, Kamis (4/10/2012).

Sementara itu, Merpati sebagai maskapai yang banyak “bermain” di wilayah timur Indonesia menyediakan rute Jakarta-Jayapura sebanyak dua kali sehari. Rute ini perlu transit dua kali yaitu di Makassar dan Biak. Merpati dari Jakarta ke Jayapura biasanya di pukul lima pagi dan delapan malam.

Sriwijaya Air rute Jakarta-Jayapura tersedia pada hari Selasa, Kamis, dan Minggu di pukul 22.45 WIB untuk keberangkatan dari Jakarta. Lion Air melayani rute Jakarta-Jayapura setiap hari di malam hari, yaitu pukul 9 malam dan 10 malam.

Estimasi waktu perjalanan sekitar enam sampai tujuh jam. Jika penerbangan yang dipilih merupakan penerbangan langsung, maka waktu tempuh lebih cepat sekitar lima jam di pesawat. Lama tempuh tersebut belum termasuk waktu check-in dan waktu transit.

Halaman:
Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X