Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepa, Roti Singkong ala Mandar

Kompas.com - 20/10/2012, 12:25 WIB

KOMPAS.com – Aroma seperti singkong dibakar mulai tercium. Lembaran bulat nan tipis berwarna putih kecokelatan karena terbakar dengan tekstur seperti roti, pun tersaji. Lebih enak disantap selagi hangat. Itulah jepa, makan pokok khas suku Mandar.

Mayoritas suku Mandar yang mendiami Provinsi Sulawesi Barat memiliki jepa sebagai makanan tradisional yang hingga kini masih mudah untuk dicari. Beberapa orang menuturkan, jepa muncul di masa-masa daerah tersebut mengalami kekeringan dan kelaparan.

Solusinya adalah dengan mengolah singkong menjadi lembaran seperti roti cane. Tentu saja dengan cara ini, menyimpan olahan singkong bisa lebih lama. Jika berkesempatan mampir ke Majene, Sulawesi Barat, Anda bisa mampir ke Desa Bonde di Kecamatan Pamboang.

Tepat di pintu masuk desa, biasanya seorang ibu sibuk memasak jepa. Anda pun bisa melihat cara pembuatannya yang masih menggunakan alat-alat tradisional. Walau terlihat mudah, mengolah singkong menjadi jepa perlu proses panjang.

Setelah dikupas kulitnya, singkong kemudian diparut. Parutan ini kemudian dibungkus dengan karung dan diperas agar sari singkong keluar. Air yang terkandung di dalam singkong tak digunakan, melainkan ampas singkong yang diolah.

Ampas singkong diayak menggunakan tapis bambu. Setelah itu, singkong mulai dimasak. Pertama-tama, alat bernama panjepangan dipanaskan terlebih dahulu. Alat ini berbentuk piring yang terbuat dari tanah liat. Panjepangan terdiri dari dua piringan.

Setelah panjepangan dipanaskan menggunakan kayu bakar, barulah singkong dimasukan ke atas salah satu piringan tanah liat tersebut. Ada takaran tertentu untuk banyaknya singkong yang dimasak, kira-kira sebatok kelapa. Setelah diratakan, singkong kemudian ditumpuk dengan piringan tanah liat lainnya.

Dengan singkong berada di tengah-tengah kedua piringan tanah liat, maka seluruh sisi singkong pun terpanggang dengan sempurna. Tak perlu menunggu lama dan jepa pun jadi. Santap jepa selagi panas dengan tumisan sayur ataupun tumis ikan seribu yang merupakan ikan khas Mandar.

Di Desa Bonde, Anda bisa membeli jepa dengan harga Rp 1000 per lembar. Serunya, di sini pengunjung juga bisa mencoba membuat jepa sendiri.

Selain di Desa Bonde, Anda bisa membeli jepa di pasar tradisional yang berada di belakang Tempat Pelelangan Ikan Majene. Jepa dijadikan camilan tanpa lauk pun bisa menjadi pilihan menyantap “roti singkong” ala Mandar ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com