Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013, Pelabuhan Benoa Didatangi 30 Kapal Pesiar

Kompas.com - 24/10/2012, 14:37 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - General Manager PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa, Iwan Sabatini mengatakan, Bali ke depan akan semakin banyak didatangi kapal pesiar, karena wisatawan tertarik dengan keindahan alam dan seni budaya masyarakat setempat.

"Untuk 2013 sudah terdaftar 30 kapal pesiar dengan perkiraan penumpang 42.000 wisatawan mancanegara," kata Iwan pada acara pertemuan BUMN Marketters Club Denpasar di Denpasar, Rabu (24/10/2012).

Menurut Iwan, setiap penumpang kapal pesiar rata-rata membelanjakan 100 dollar AS per orang, sedangkan untuk kru kapal 60 dollar AS. "Bila kapal pesiar menurunkan penumpang wisata sebanyak 800 orang dan 300 kru, maka uang yang mengalir sekitar Rp 942 juta atau hampir Rp 1 miliar," kata mantan Humas Pelindo III Tanjung Perak, Surabaya itu.

Iwan memaparkan, Pelabuhan Benoa selain tetap melayani penumpang, juga fokus pada persiapan sebagai "turn around port" sehingga beberapa sarana dan fasilitas terus diperbaiki guna memberikan kenyamanan embarkasi dan debarkasi penumpang kapal pesiar.

Menyinggung pertemuan antar-BUMN di Bali, lanjut Iwan, untuk memberi informasi sekaligus bertukar pikiran mengenai kegiatan kapal pesiar di Pelabuhan Benoa yang mempunyai multiefek yang baik.

Beberapa BUMN diharapkan sesuai produk pelayanannya dapat bekerja sama terkait pelayanan kapal pesiar, baik perbankan, telekomunikasi, hotel maupun pihak lainnya. Kegiatan tersebut sebagai ajang pertemuan atau bertukar informasi dan membangun jaringan serta pembelajaran para direksi BUMN di Indonesia.

"Pertemuan ini sangat baik, karena saat diskusi muncul niat bersama seperti kesediaan PT PLN meningkatkan daya kelistrikan di Pelabuhan Benoa. Pelabuhan Benoa juga membutuhkan sarana internet gratis di terminal penumpang. Sebenarnya sudah ada, tetapi pelayanannya akan terus ditingkatkan bekerja sama dengan Telkomsel, termasuk juga layanan lainnya," papar Iwan.

Selain itu pelayanan PDAM saat ini dinilai masih kurang sehingga Pelabuhan Benoa mengupayakan mengelola sendiri air bersih. "Ke depan dengan bertambahnya jumlah kapal pesiar yang datang ke Benoa perlu ditingkatkan persediaan air minum," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com