Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Eat Pray Love Cycling Tour" di Ubud

Kompas.com - 28/10/2012, 09:14 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan program "Eat Pray Love Cycling Tour" di Ubud, Bali, Sabtu (27/10/2012). "Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Museum Lukisan dan Museum of Marketing 3.0 untuk mempromosikan pariwisata agar lebih maju dan berkembang kepada wisatawan lokal dan asing," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenparekraf, I Gusti Ngurah Putra di Ubud, Bali.

Ngurah Putra menyambut gembira ada ide tersebut, karena dari novel hingga dibuatkan film "Eat Pray Love" menjadi sangat terkenal di dunia. "Ini sebagai bentuk tur dan napak tilas Elizabeth Gilbert atau karakter dalam EPL pencarian keseimbangan antara kesenangan dan pemaknaan cinta," katanya.

Menurut Ngurah Putra, paket bersepeda ini unik karena merupakan napak tilas jalur sepeda Elizabeth Gilbert yang diperankan artis Julia Robert, dalam film "Eat Pray Love".

Selain melewati jalan-jalan banjar (dusun) serta desa di Ubud dan persawahan, paket bersepeda itu juga singgah di rumah Mangku Ketut Liyer, seorang dukun tua sekaligus paranormal yang didatangi Elizabeth Gilbert dalam film "Eat Pray Love".

Paket bersepeda tersebut juga singgah di Monkey Forest Ubud, dan berakhir di Museum Puri Lukisan.

Paket wisata sepeda "EPL" tersebut digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Idenya berasal dari pakar marketing, Hermawan Kertajaya.

"Jika produk itu dijual untuk wisatawan luar negeri seharga 100 dollar AS, nanti hasilnya bisa dibagi di antara orang-orang lokal di Ubud. Turis yang ikut paket ini bukan cuma enjoy, tapi juga terlibat di dalamnya, turis bisa belajar sesuatu. Jadi di sini kita menjual spirit, turis akan terlibat dan dia tidak akan lupa," ujar Hermawan.

Hermawan berharap paket bersepeda "Eat Pray Love" ini bisa mengikuti jejak sukses obyek wisata "James Bond Island" di Phuket Thailand. Pulau yang dulu dikenal dengan Ko Tapu atau Nail Island, tahun 1974 menjadi lokasi syuting film James Bond yang berjudul  "The Man with the Golden Gun".

"James Bond Island di Thailand itu, meski sudah dibuat 30 tahun lalu, hingga kini masih tetap ramai. Orang ke sana mau bayar Rp 1,5 juta hanya untuk lihat batu, tempat lokasi syuting film "Man With The golden Gun" dulu dilakukan tahun 1974," ujarnya.

Menurut Hermawan, pihaknya sangat mendukung usaha merintis kegiatan sepeda "Eat Pray Love" ini. "Kegiatan ini agar disosialisasikan dan dijual kepada turis di Ubud. Ini merupakan cara untuk kenalkan Bali ke dunia luar," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com