Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jateng Akan Disinggahi 25 Kapal Pesiar

Kompas.com - 30/10/2012, 18:47 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah mencatat jumlah kapal pesiar yang direncanakan mengunjungi provinsi ini melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 2013 sebanyak 25 kapal.

"Rencana ada 25 kapal yang datang. Mereka masuk dari Bali," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prasetyo Aribowo di Semarang, Selasa (30/10/2012).

Jumlah tersebut, menurut dia, kemungkinan masih bisa bertambah, tergantung dari tujuan mereka setelah singgah di Bali. "Dari Bali, biasanya mereka bersandar ke daerah lain, salah satunya ke Pelabuhan Tanjung Emas," tambahnya.

Namun, lanjut dia, masih terdapat satu permasalahan yang harus segera diselesaikan berkaitan dengan kemampuan dermaga di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Hingga saat ini, ia menjelaskan, Tanjung Emas baru mampu disinggahi kapal pesiar dengan kapasitas penumpang di bawah 2.000 orang.

"Kedalaman dermaga di Tanjung Emas baru sekitar 9 meter, padahal untuk kapal dengan kapastitas lebih besar butuh paling tidak kedalaman 12 meter," paparnya.

Permasalahan tersebut, ujarnya, akan diselesaiakan secara bertahap, bersamaan dengan revitalisasi pelabuhan di ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Adapun untuk tahun ini, menurut dia, sudah ada 23 kapal pesiar di Jawa Tengah, baik melalui Tanjung Emas maupun langsung ke Kepulauan Karimunjawa.

"Hingga akhir tahun ini rencananya masih ada dua kapal lagi yang akan singgah ke Jawa Tengah," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com