Kompas.com - 06/11/2012, 10:18 WIB
EditorI Made Asdhiana

LONDON, KOMPAS.com — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya menjaring wisatawan Inggris dalam pameran pariwisata terbesar kedua di dunia, World Tourism Market (WTM) 2012, yang berlangsung di London, Inggris, 5-8 November 2012. Hal itu disampaikan Direktur Pencitraan Indonesia Kemenparekraf Esthy Reko Astuti dalam jumpa pers yang diadakan di gedung Excel, London, Senin (5/11/2012).

Dalam konferensi pers yang juga dihadiri Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb, Esthy Reko Astuti menjelaskan, Inggris merupakan pasar yang sangat penting bagi Indonesia. "Inggris merupakan salah satu negara pasar utama pariwisata Indonesia," ujar Esthy.

Sementara itu, Dubes Hamzah Thayeb mengakui dengan kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di London baru-baru ini atas undangan Ratu Elizabeth merupakan promosi yang baik bagi pariwisata Indonesia di Inggris. Selain itu, KBRI London selalu mengadakan kegiatan promosi pariwisata yang dikaitkan dengan TTI, yaitu trade, tourism, and investment.

Dubes Hamzah Thayeb mengatakan, promosi yang dilakukan selama ini juga diarahkan dengan memperkenalkan obyek wisata Beyond Bali, yang juga sama menariknya dengan Bali.

Lebih lanjut, Esthy Reko Astuti mengatakan, jumlah wisatawan Inggris yang berkunjung ke Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Hingga September 2012, wisatawan Inggris yang datang berlibur ke Indonesia mencapai 152.379, dibandingkan September 2011 hanya 145.655 wisatawan, yang berarti naik 12,96 persen.

Meningkatnya kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia diharapkan juga akan berdampak pada wisatawan Eropa ke Indonesia. Sementara Indonesia menargetkan sebanyak 200.000 wisatawan dari Inggris.

Dalam konferensi pers, Eshty menjelaskan bahwa Indonesia pada tahun 2012 memfokuskan promosinya pada 16 pasar, yaitu Singapura, Malaysia, Australia, China, Jepang, Korea Selatan, Amerika, Inggris, Taiwan, India, Perancis, Belanda, Jerman, Filipina, Rusia, dan Timur Tengah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Stan Indonesia seluas 240 meter persegi dengan dekorasi yang memadukan antara modern dan tradisional juga menampilkan Putri Pariwisata Reinita Arlin Puspita, serta Putra Batik Nusantara Muhammad Ihsan Pribadi dan Putri Batik Nusantara Indah Anggraini, yang membantu mempromosikan Indonesia kepada para pengunjung.

Selain itu, dalam acara cocktail reception ditampilkan tari tradisional dan juga doorprize berupa tiket penerbangan Garuda dari Belanda ke Jakarta (pp).

Sementara itu, Herman Rukmanadi dari Bhara Tours yang mewakili industri pariwisata mengatakan, pihaknya siap melakukan promosi untuk membantu Kemenparekraf meningkatkan jumlah wisatawan dari Inggris ke Indonesia sehingga mencapai target sebanyak 200.000 wisatawan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X