Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jaring Wisatawan Inggris di WTM London

Kompas.com - 06/11/2012, 10:18 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya menjaring wisatawan Inggris dalam pameran pariwisata terbesar kedua di dunia, World Tourism Market (WTM) 2012, yang berlangsung di London, Inggris, 5-8 November 2012. Hal itu disampaikan Direktur Pencitraan Indonesia Kemenparekraf Esthy Reko Astuti dalam jumpa pers yang diadakan di gedung Excel, London, Senin (5/11/2012).

Dalam konferensi pers yang juga dihadiri Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb, Esthy Reko Astuti menjelaskan, Inggris merupakan pasar yang sangat penting bagi Indonesia. "Inggris merupakan salah satu negara pasar utama pariwisata Indonesia," ujar Esthy.

Sementara itu, Dubes Hamzah Thayeb mengakui dengan kehadiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di London baru-baru ini atas undangan Ratu Elizabeth merupakan promosi yang baik bagi pariwisata Indonesia di Inggris. Selain itu, KBRI London selalu mengadakan kegiatan promosi pariwisata yang dikaitkan dengan TTI, yaitu trade, tourism, and investment.

Dubes Hamzah Thayeb mengatakan, promosi yang dilakukan selama ini juga diarahkan dengan memperkenalkan obyek wisata Beyond Bali, yang juga sama menariknya dengan Bali.

Lebih lanjut, Esthy Reko Astuti mengatakan, jumlah wisatawan Inggris yang berkunjung ke Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Hingga September 2012, wisatawan Inggris yang datang berlibur ke Indonesia mencapai 152.379, dibandingkan September 2011 hanya 145.655 wisatawan, yang berarti naik 12,96 persen.

Meningkatnya kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia diharapkan juga akan berdampak pada wisatawan Eropa ke Indonesia. Sementara Indonesia menargetkan sebanyak 200.000 wisatawan dari Inggris.

Dalam konferensi pers, Eshty menjelaskan bahwa Indonesia pada tahun 2012 memfokuskan promosinya pada 16 pasar, yaitu Singapura, Malaysia, Australia, China, Jepang, Korea Selatan, Amerika, Inggris, Taiwan, India, Perancis, Belanda, Jerman, Filipina, Rusia, dan Timur Tengah.

Stan Indonesia seluas 240 meter persegi dengan dekorasi yang memadukan antara modern dan tradisional juga menampilkan Putri Pariwisata Reinita Arlin Puspita, serta Putra Batik Nusantara Muhammad Ihsan Pribadi dan Putri Batik Nusantara Indah Anggraini, yang membantu mempromosikan Indonesia kepada para pengunjung.

Selain itu, dalam acara cocktail reception ditampilkan tari tradisional dan juga doorprize berupa tiket penerbangan Garuda dari Belanda ke Jakarta (pp).

Sementara itu, Herman Rukmanadi dari Bhara Tours yang mewakili industri pariwisata mengatakan, pihaknya siap melakukan promosi untuk membantu Kemenparekraf meningkatkan jumlah wisatawan dari Inggris ke Indonesia sehingga mencapai target sebanyak 200.000 wisatawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com