Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Ampat Ikut Promosi di WTM London

Kompas.com - 08/11/2012, 05:48 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Bupati Raja Ampat, Marcus Wanma, ikut mempromosikan daerahnya di pameran pariwisata, World Tourism Market (WTM) 2012 di gedung Excel, London tanggal 5 hingga 8 November. "Saat ini kami sedang giat-giatnya mempromosikan potensi Raja Ampat yang dimiliki," ujar Marcus Wanma di anjungan Indonesia, Rabu (7/11/2012).

Menurutnya, Raja Ampat dengan lansekap pulau-pulau kecil yang sangat indah seperti di Kepulauan Wayag, Kabui, dan Misool, wisata burung Cenderawasih, dunia bawah laut yang tiada tandingannya, seni dan budaya, kuliner khas Raja Ampat sudah mulai dikenal dunia karena selalu diporomosikan di berbagai kegiatan pameran pariwisata dunia seperti di ITB Berlin, DEMA di Amerika, Jepang, Australia dan juga berbagai negara lainnya.

"Burung Cenderawasih Merah dan Cenderawasih Wilsson merupakan spesies endemis Raja Ampat yang hanya dijumpai di sini," katanya.

"Raja Ampat, selain wisata selam yang sudah dikenal hingga ke mancanegara masih menyimpan sederet destinasi menarik lainnya yang tak ada duanya di Indonesia," sambung Marcus Wanma.

Menurut Marcus, untuk sekadar menikmati asyiknya diving, berkano, snorkeling, atau berwisata kuliner mencicipi aneka makanan khas daerah ini, Raja Ampat siap memanjakan para wisatawan yang datang.

Alam Papua, lanjut Marcus, memiliki karakteristik tersendiri. Kabupaten Raja Ampat yang terletak di Papua Barat dan beribu kota di Waisai ini, menawarkan panorama alam yang langka, kecantikan alami yang masih terpelihara.

Sejak tahun 2010 digelar Festival Bahari Raja Ampat. Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kabupaten Raja Ampat dimaksudkan sebagai ajang promosi pariwisata Kabupaten Raja Ampat. "Festival Bahari ini akan menjadi agenda tahunan kami. Dan kami berharap acara ini akan masuk pula dalam kalender nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar  Marcus.

Keikutsertaan Raja Ampat di WTM London adalah lebih memperkenalkan potensi wisata Kabupaten Raja Ampat ke seluruh dunia.

Mengenai sarana dan prasarana yang ada di Raja Ampat, Bupati Marcus mengatakan berbagai sarana dan prasarana disiapkan dan terus akan dibangun dalam upaya mengantisipasi kehadiran para wisatawan.

Untuk itu Pemkab Raja Ampat selalu mengharapkan dukungan penuh dan keseriusan dari Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Pusat dalam mendorong Raja Ampat sebagai destinasi utama wisata Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com