Kompas.com - 09/11/2012, 15:05 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com Ada anggapan bahwa wisata di Ubud itu mahal. Sebenarnya, anggapan ini ada benarnya sebab industri pariwisata di Ubud memang berusaha menjaga agar Ubud bisa bernilai jual tinggi untuk pariwisata.

Namun, bukan berarti Ubud tertutup bagi kalangan backpacker. Nyatanya, Ubud pun bisa terjangkau untuk wisatawan dengan kantong tips. Pintar-pintar saja mengatur budget. Anda hanya perlu sekitar Rp 1,4 juta per orang untuk wisata ke Ubud.

Angka ini berlaku untuk dua orang dan lama wisata tiga hari dua malam. Biaya tersebut belum termasuk tiket pesawat pulang pergi dan airport tax. Jika Anda di Jakarta, kisaran tiket promo untuk Jakarta-Bali sekitar Rp 700.000 pulang pergi.

Tiket promo sangat mudah didapat terutama di luar musim padat kunjungan. Beberapa maskapai terutama maskapai budget bisa menjual tiket promosi di bawah Rp 200.000 sekali jalan untuk rute Jakarta-Bali. Pintar-pintar saja mencari tiket murah atau datangi pameran wisata. Rajin-rajin cek Air Asia, Citilink, Lion Air, dan Batavia.

Untuk penginapan di Ubud, Anda bisa pilih beberapa guesthouse di seputaran Jalan Hanoman dan Jalan Monkey Forest. Kedua jalan ini dekat dengan pusat Ubud yaitu di kisaran Puri Agung Saren dan Pasar Ubud.

Di sini Anda bisa menemukan penginapan dengan harga mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 200.000 sudah dengan pendingin ruangan. Selain itu, coba juga Jalan Bisma dan Jalan Kajeng. Beberapa penginapan berada di tepi sawah yang cantik.

Anda bisa coba tengok Kunang-Kunang Guest House, Ina Inn, dan Wenara Bali Bungalows. Penginapan sederhana ini juga biasanya menyediakan sewa motor atau sewa sepeda untuk tamunya. Kisaran untuk sewa sepeda adalah Rp 20.000 per hari, sedangkan motor di kisaran Rp 45.000 sampai Rp 50.000 per hari.

Sepeda atau motor memang menjadi transportasi yang cocok untuk berkeliling Ubud. Apalagi jalan-jalan di Ubud sangat kecil sehingga rawan macet dan susah parkir jika menggunakan mobil.

Anda bisa juga menyewa mobil sejak dari Bandara Ngurah Rai untuk memudahkan transpotasi menuju Ubud. Kisaran sewa mobil hanya untuk perjalanan dari Bandara Ngurah Rai ke hotel di Ubud adalah Rp 250.000 sekali jalan.

Jarak dari Bandara Ngurah Rai yang berada di Tuban, Kabupaten Badung, menuju Ubud di Kabupaten Gianyar, sekitar satu sampai dua jam perjalanan darat tergantung kemacetan. Mau lebih petualang? Sewa saja sepeda motor dari kawasan Tuban atau Kuta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.