Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemuteran, Proyek Percontohan Wisata Berbasis Lokal

Kompas.com - 11/11/2012, 16:14 WIB

SINGARAJA, KOMPAS.com - Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana memberikan perhatian serius terhadap Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak yang memiliki potensi besar dalam pengembangan pariwisata. "Keunggulan potensi pariwisata itu sudah terbukti, karena kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah itu tidak pernah sepi," kata Putu Agus Suradnyana yang sempat meninjau lokasi tersebut, Sabtu (10/11/2012).

Ia sempat mengadakan diskusi terbatas membahas potensi wisata di kawasan Desa Pemuteran  yang dihadiri anggota Komisi II DPRD Provinsi Bali Nyoman Sugawa Korry dan sejumlah pelaku pariwisata dan konsultan.

Pengembangan pariwisata di Desa Pemuteran digarap dengan konsep memberdayakan masyarakat setempat. Bupati Putu Agus Suradnyana mengingatkan, pengembangan pariwisata agar mempekerjakan warga lokal sebagai tenaga kerjanya.

Selain itu, warga lokal juga diberdayakan untuk menjaga lingkungan di sekitar kawasan wisata tersebut. "Ini sudah berkembang dan sudah terbukti memberikan dampak positif bagi warga di sekitarnya," ujar Putu Agus Suradnyana.

Ia menilai, keberhasilan pengembangan pariwisata di Pemuteran akan dijadikan proyek percontohan untuk pengembangan potensi yang sama di daerah lain, seperti di Desa Munduk, Banyuatis, Kecamatan Banjar dan Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, serta sejumlah desa di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng.

Sementara salah seorang pelaku pariwisata Pemuteran, Anak Agung Gede Prana mengatakan, salah satu kendala perkembangan pariwisata di desanya infrastruktur yang masih rusak. "Jalan-jalan menuju ke rumah penduduk yang banyak dikunjungi wistawan kondisinya rusak dan sempit," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com