Kompas.com - 11/11/2012, 16:14 WIB
EditorI Made Asdhiana

SINGARAJA, KOMPAS.com - Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana memberikan perhatian serius terhadap Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak yang memiliki potensi besar dalam pengembangan pariwisata. "Keunggulan potensi pariwisata itu sudah terbukti, karena kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah itu tidak pernah sepi," kata Putu Agus Suradnyana yang sempat meninjau lokasi tersebut, Sabtu (10/11/2012).

Ia sempat mengadakan diskusi terbatas membahas potensi wisata di kawasan Desa Pemuteran  yang dihadiri anggota Komisi II DPRD Provinsi Bali Nyoman Sugawa Korry dan sejumlah pelaku pariwisata dan konsultan.

Pengembangan pariwisata di Desa Pemuteran digarap dengan konsep memberdayakan masyarakat setempat. Bupati Putu Agus Suradnyana mengingatkan, pengembangan pariwisata agar mempekerjakan warga lokal sebagai tenaga kerjanya.

Selain itu, warga lokal juga diberdayakan untuk menjaga lingkungan di sekitar kawasan wisata tersebut. "Ini sudah berkembang dan sudah terbukti memberikan dampak positif bagi warga di sekitarnya," ujar Putu Agus Suradnyana.

Ia menilai, keberhasilan pengembangan pariwisata di Pemuteran akan dijadikan proyek percontohan untuk pengembangan potensi yang sama di daerah lain, seperti di Desa Munduk, Banyuatis, Kecamatan Banjar dan Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, serta sejumlah desa di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng.

Sementara salah seorang pelaku pariwisata Pemuteran, Anak Agung Gede Prana mengatakan, salah satu kendala perkembangan pariwisata di desanya infrastruktur yang masih rusak. "Jalan-jalan menuju ke rumah penduduk yang banyak dikunjungi wistawan kondisinya rusak dan sempit," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X