Kompas.com - 13/11/2012, 20:05 WIB
EditorI Made Asdhiana

GORONTALO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, sedang memfokuskan pengembangan desa wisata, seperti di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai. "Dibutuhkan keseriusan dan dukungan masyarakat untuk mengembangkan kawasan desa wisata," kata Wakil Bupati Gorontalo, Toni Junus, di Gorontalo, Selasa (13/11/2012).

Pasalnya, menurut Toni, sarana dan prasarana penunjang yang akan dibangun diharapkan mampu dipelihara dengan baik, di samping pentingnya sikap ramah masyarakat dalam menerima banyak kunjungan.

Keunikan yang dimiliki Desa Bongo dinilai layak menjadi lokasi wisata religius. Seperti perayaan tradisi hari besar keagamaan yang setiap tahunnya mampu menyedot antusiasme ribuan masyarakat Gorontalo ke desa itu.

"Kami sudah merancang master plan pengembangan kawasan desa wisata, dan diharapkan realisasi infrastruktur penunjang akan rampung 2013 nanti," ujar Toni.

Pengembangan desa wisata religius adalah salah satu upaya pemerintah daerah dalam pelestarian adat istiadat yang akan diandalkan menjadi pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di sektor pariwisata.

Kegiatan keagamaan akan mulai dipusatkan di lokasi desa wisata untuk memopulerkan program karya wisata religius di daerah ini.

Toni menambahkan, pemerintah daerah berharap masyarakat semakin siap dan membuka diri terhadap berbagai kunjungan wisata di wilayah itu, baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.