Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengobati Rindu dengan Nasi Liwet Semarang

Kompas.com - 15/11/2012, 08:58 WIB

KOMPAS.com - Akhirnya kesampaian juga mampir ke Waroeng Eddi yang berlokasi di Pesanggrahan, Jakarta Barat. Sudah sekitar satu bulan terakhir mau mampir ke sini dan ternyata baru sekarang baru kesampaian nih. Waroeng Eddi ini tempat makan yang menyediakan makanan khas Semarang dan Ungaran.

Lokasinya berada di samping kanan Ranch Market di Pesanggrahan Puri Indah. Kalau dari arah Puri Waroeng Eddi berada sebelum Ranch Market (atau sebelah kiri pastel Mak Cik). Rumah makan ini cukup sederhana, dan terdiri dari 2 area, area AC dan area non AC. Kebetulan saya kebagian yang ber-AC.

Bagi saya yang berasal dari Jawa Tengah maka setiap ada info tempat makan yang menyediakan masakan khas Jawa Tengah biasa langsung diburu untuk dicoba, nah Waroeng Eddi ini sebenarnya sudah cukup lama berjualan di Jakarta, tapi saya baru sempat coba kali ini.

Rumah makannya cukup sederhana dengan hiasan dinding foto dari beberapa menu andalan disini dan beberapa foto pemilik rumah makan ini dengan Pak Bondan Winarno. Nah saya pesan sesuai rekomendasi waiter-nya yang spesial menu Nasi Liwet Semarang, Sate Sapi Ungaran dan Lontong Opor Sayur.

Untuk nasi liwetnya cukup oke, berisi nasi, telor, ayam opor sewir, tahu dan sayur welok, sambal dan sedikit kuah. Cukup gurih dan sambalnya juga cukup pedas. Sedangkan untuk lotong opor sayur enak juga kok, porsinya pas dan isinya lontong, tahu, telor, sewiran ayam opor juga ada taburan bawang gorengnya. Harganya pun terjangkau, Nasi Liwet Semarang Rp 15.000, Lontong Opor Sayur Rp 16.500, dan Sate Sapi 10 tusuk Rp 28.000.

Untuk sate sapi ungaran-nya menurut saya juara, dagingnya tidak terlalu besar potongannya, cukup empuk dan rasanya agak manis dan dicocol sambal kacangnya menjadikan sate sapinya lebih nikmat. Nah lain kali saya pasti mampir lagi untuk mencoba lumpia Semarang dan menu-menu lain, termasuk sate sapinya he-he... (frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com