Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Turis Rusia ke Bali Semakin Meningkat

Kompas.com - 16/11/2012, 15:59 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan berkantong tebal atau kaum jetset asal Rusia ke Bali diperkirakan terus bertambah pada tahun 2013. "Perkiraan itu berdasarkan jadwal kedatangan para turis Rusia  yang dapat dilihat dari rencana kedatangan 115 pesawat carteran dari Rusia langsung ke Bali selama  Oktober 2012 sampai Maret 2013," kata praktisi industri pariwisata di Bali, Gilda Sagrado, di Denpasar, Jumat (16/11/2012).

Data tersebut menunjukkan bahwa jumlah pelancong semakin meningkat terutama dari kalangan turis berkantong tebal, sebab tidak sembarang orang bisa berkunjung ke Pulau Dewata menggunakan pesawat carteran itu.

Menurut Gilda, para turis itu harus harus mengeluarkan biaya yang besar untuk dapat sampai ke Bali dengan menggunakan pesawat tersebut. Pasalnya, harga harga sewa pesawat sangat mahal, apalagi lama tinggal mereka cukup lama. "Rata-rata para wisatawan dari kelas atas itu berlibur ke Bali dengan menghabiskan waktu selama dua pekan," ujarnya.

Gilda mengatakan, satu pesawat carteran yang digunakan itu mengangkut sekitar 230 orang penumpang. Pesawat itu disewa tidak hanya untuk mengangkut para turis tersebut dari Rusia ke Bali, namun juga sebaliknya.

Tidak hanya turis Rusia dari kalangan jetset yang jumlah bertambah, namun secara umum saat ini sedang terjadi peningkatan kedatangan turis kelas atas sehingga paket wisata luxury semakin diminati. "Saat ini paket wisata luxury atau mewah diminati oleh berbagai wisatawan mancanegara, mulai dari Eropa sampai Asia," ucapnya.

Gilda mencontohkan, pelancong dari China sekarang sudah banyak yang menginap di hotel mewah yang ada di Bali, namun lama tinggalnya tidaklah terlalu lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com