Lezatnya Ayam Betutu Pak Man

Kompas.com - 18/11/2012, 08:49 WIB

KOMPAS.com – Kuliner Bali identik dengan bumbu segala rupa yang biasa disebut dengan base genep yang dipakai dalam mengolah suatu hidangan. Terutama adalah kegemaran orang Bali pada sereh dan kunyit.

Ayam betutu menjadi salah satu kuliner khas Bali yang mencerminkan hal tersebut. Ayam yang sudah dibersihhkan kemudan dibalur dengan base genep yang sudah dicincang dan dicampur dengan minyak kelapa.

Penggunaan minyak kelapa pada sebagian besar masakan juga merupakan ciri khas kuliner Bali. Nah, bumbu tersebut juga dicampur ke daun singkong yang kemudian dimasukan ke dalam perut ayam. Setelah bumbu terbalur dengan rata, ayam pun diikat sedemikian rupa.

Baru kemudian direbus selama beberapa jam hingga bumbu meresap ke ayam. Proses akhir adalah ayam yang sudah direbus baru kemudian dibakar. Hasilnya adalah daging ayam betutu yang padat. Penasaran dengan rasa ayam betutu ini?

Jika sedang berada di Bali, tepatnya di kawasan Kuta dan sekitarnya, bisa mampir ke Rumah Makan Ayam Betutu Pak Man. Dari Bandara Ngurah Rai hanya sekitar 10 menit perjalanan darat. Cocok menjadi lokasi tempat makan selepas mendarat dari pesawat.

Ayam Betutu Pak Man berada di Jalan Kubu Anyar Tuban. Lokasinya dekat dengan Toko Krisna Tuban. Umumnya, ayam betutu dihidangkan satu ekor utuh. Namun, Anda juga bisa memesan setengah ekor maupun seperempat ekor. Ayam betutu satu ekor diberi harga Rp 65.000.

Dengan kuah penuh rempah dan pedas, aroma sereh dan kunyit yang kentara, menambah rasa pada daging ayam yang cenderung padat. Bumbunya sendiri sudah begitu merasap ke dalam daging, menjadikan daging ayam begitu lengas.

Bila Anda tak begitu doyan dengan rasa sereh dan kunyit yang kuat, pilih saja ayam betutu goreng. Bedanya, ayam betutu yang sudah dibakar kemudian diproses kembali dengan cara digoreng. Tak hanya ayamnya saja yang digoreng, bumbunya pun digoreng menjadi kremes.

Renyah di luar, sementara daging putih di dalamnya tetap padat dan lengas. Jika mau rasa yang berbeda, bisa pilih juga bebek betutu atau bebek goreng. Jangan lupa memesan sate lilit. Sate lilit memang teman santap ayam betutu yang cocok.

Masih menggunakan bumbu sereh dan kunyit, daging ikan yang dicincang dicampur parutan kelapa baru kemudian dibakar. Ayam suwir juga nikmat disantap bersama nasi dan ayam betutu. Sementara pilihan sayuran, bisa urap kacang, pelecing kangkung, je jeruk, jukut ares, atau lawar bali.

Pelecing kangkung berisikan kangkung  rebus dengan sambal tomat dan kacang tanah goreng. Sementara jukut ares terbuat dari batang pisang yang masih muda. Pilih pelecing kangkung jika Anda tak terlalu doyan sayuran dengan bumbu penuh rempah.

 



Editorkadek

Close Ads X