Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Toilet Umum Berubah Menjadi Hotel

Kompas.com - 18/11/2012, 21:09 WIB

KOMPAS.com Jepang selalu bisa menghadirkan sesuatu yang serba unik. Baru-baru ini, sebuah hotel baru dibuka di Jepang. Awalnya, bangunan yang menjadi hotel tersebut adalah toilet umum.

Toilet umum ini berada di Nakanoshima Park di Osaka. Kemudian, sebagian toilet umum tersebut diubah menjadi hotel dengan satu kamar. Perubahan tersebut sebenarnya dalam rangka sebuah acara seni.

Seniman Jepang bernama Tatsu Nishino adalah orang di balik proyek “Nakanoshima Hotel”. Ia mengubah toilet umum menjadi kamar hotel yang bisa disewa dengan tarif sekitar Rp 1,2 juta. Luas kamar sekitar 22 meter persegi.

Tamu yang menginap akan mendapatkan kamar berisikan kamar mandi dengan shower, tempat tidur yang nyaman, dan area tempat duduk seperti ruang keluarga. Popularitas Tatsu Nishino telah memastikan hotel tersebut telah penuh dipesan.

Hanya saja, pihak hotel sebelumnya telah memperingatkan tamu bahwa di balik tembok masih tersisa toilet umum. Ya, hanya sebagian toilet umum yang diubah menjadi hotel, sementara sisanya masih dipergunakan sebagai toilet umum.

Pihak hotel juga mengatakan bahwa dinding pembatas antara hotel dan toilet umum begitu tipis sehingga kemungkinan tamu bisa mendengar aktivitas yang tengah terjadi di toilet umum. Tatsu Nishino yang lahir pada tahun 1960 memang terkenal dalam mengubah gedung bersejarah dan ruang publik menjadi karya seni yang sering kali berupa hotel temporer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com