Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambal Khas Bali, Ada 5 Pilihan Rasa...

Kompas.com - 19/11/2012, 08:04 WIB

KOMPAS.com - Sudah cukup lama saya tidak bertemu dengan sahabat saya dari Bali, walau sekarang bekerja di Jakarta tetapi teman saya cukup sering ke Bali. Beberapa hari yang lalu saya janjian bertemu di salah satu mal di Jakarta Selatan.

Nah sore itu kita ngobrol sana-sini, ternyata sahabat saya membawa oleh-oleh sambal khas Bali, mereknya Sambal Bu Susan. Nggak tanggung-tanggung saya dibawakan tiga botol sekaligus dengan beda-beda sambalnya seperti sambal bawang, sambal teri dan sambal udang. Wah lengkap sekali. Sahabat saya ini tahu kalau saya suka sekali makan pedas he-he...

Nah Sambal Bu Susan sebenarnya masih tergolong baru, yaitu baru mulai berjualan pada Juni 2012. Resepnya memang milik Ibu Susan sendiri, dan terinspirasi dari sambal khas Bali.

Ibu Susan membuat jenis sambelnya hanya 1 tetapi dengan 5 variasi rasa. Ada sambal bawang, sambal teri, sambal ikan asin, sambal pete, dan sambal udang.

Menurut sahabat saya, di Bali semua rasa jadi favorit lho. Orang yang pertama kali coba dan tidak tahu pilihan pasti beli sambal bawang. "Kalau konsumen suka pete, pasti ambil sambal pete. Begitu juga dengan varian yang lain. Tapi saya beruntung di kasih 3 varian sekaligus.

Nah sambal susan ini di luar kulkas tahan maksimal selama 10 hari, sedangkan kalau disimpan di dalam kulkas tahan sampai 1 bulan. Saya baru mencoba 2 varian, sambal bawang dan sambal teri. Untuk sambal bawang, buat saya enak, pas banget. Cukup pedas, dan tidak terlalu bau bawang. Untuk teman makan ayam goreng, mantap deh...

Untuk sambal terinya juga enak lho, pedas dan agak asin sedikit memang masih ada ikan teri kecil-kecil di sambalnya. Wah, ini kayaknya cocok banget kalau buat nasi goreng yah.

Sedangkan sambal udangnya juga enak, pedas, tapi rasa udangnya memang tidak begitu terasa. Kalau favorit saya yang sambal bawang. Nah, tinggal yang belum saya coba adalah varian sambal ikan asin dan sambal pete.

Boleh nih teman-teman salah satu rekomendasi kalau mau beli sambal, tak ada salahnya mencoba Sambal Bu Susan.... (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com