Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2012, 20:52 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

EMPAT LAWANG, KOMPAS.com - Diawali dengan menekan tombol sirine, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamen Parekraf) Sapta Nirwandar bersama dengan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin serta Bupati Empat Lawang, Budi Antoni Aljufri resmi membuka Musi Triboatton yang dimulai dari Etape I di hulu Sungai Musi yang terletak di Desa Tanjung Raya, Senin (26/11/2012).

"Event ini rencananya akan menjadi kegiatan tahunan dan semoga dapat menjadi pelopor wisata air di Indonesia," ujar Sapta Nirwandar ketika membuka acara.

Menurut Sapta keindahan alam Sungai Musi yang masih natural dapat menjadi salah satu komoditas wisata di tanah air. "Dengan menggabungkan konsep olahraga dan wisata tentunya kelak acara ini dapat diminati oleh turis-turis baik lokal maupun asing," kata Sapta.

Hal ini menurut Sapta dapat dilihat dari bagaimana pariwisata di Singkarak, Sumatera Barat, dapat berkembang. "Awal mulanya orang juga tidak ada yang tahu dimana itu Singkarak, tapi melalui Tour de Singkarak kini turis-turis tahu dan ingin berkunjung ke sana. Semoga saja hal itu juga terjadi di sini," ucap Sapta.

Selain itu Sapta juga menganggap perkembangan olahraga dan wisata di Sumatera Selatan kini sedang dalam momentum berkembang semenjak pelaksanaan SEA Games lalu. "Bayangkan saja usai SEA Games kini perkembangan terjadi di bandar udara di Palembang. Jika dulu per hari hanya melayani 14 kali maka kini sudah sebanyak 28 kali," tambah Sapta.

Musi Triboatton sendiri diikuti oleh 10 tim peserta yaitu, Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand, Yogyakarta, Sumatera Selatan I, Sumatera Selatan II, DKI Jakarta, Jawa Barat dan juga International School yang anggotanya terdiri dari berbagai negara seperti Jerman, Lithuania, Polandia, AS, Jepang dan Denmark.

Para peserta ini nantinya akan mengarungi Sungai Musi sejauh 500 kilometer yang terdiri dari enam etape, yang akan dilalui dengan tiga jenis perahu yang berbeda seperti, perahu karet, kano dan perahu naga. Acara yang akan berlangsung hingga 1 Desember ini akan melalui empat kabupaten yaitu, Empat  Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin dan akan finish di Kota Palembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+