Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Sejuta Wisatawan ke NTB Tercapai

Kompas.com - 02/12/2012, 02:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Target mendapatkan kunjungan sejuta wisatawan mancanegara dan Nusantara ke Lombok, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, bulan Desember 2012, sudah terlampaui minggu kedua November 2012.

”Target itu tercapai lebih cepat berkat promosi yang dilakukan selama ini melalui pertemuan resmi berskala nasional dan internasional. Selain itu, juga karena pembukaan rute penerbangan dalam dan luar negeri dari dan menuju Lombok,” ujar Gita Aryadi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (1/12), saat Promosi dan Pameran Pariwisata Lombok-Sumbawa di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Direktur Minat Khusus, Konvensi, Insentif, dan Event, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ahyarudin menyambut baik digelarnya pameran dan promosi wisata NTB itu di Jakarta. NTB, terutama Lombok, memiliki potensi sumber daya alam dan kultural sebagai pendukung kepariwisataan yang sangat baik. Namun, perlu kerja dari sejumlah pihak agar potensi itu bisa diangkat sebagai penggerak dinamika perekonomian daerah.

Faktor pendukung lain sehingga target jumlah kunjungan wisata itu tercapai, kata Gita, adalah tersedianya infrastruktur, terutama jalan dan hotel yang memadai. Fasilitas itu tak hanya ada di Kota Mataram, ibu kota Provinsi NTB, tetapi juga di daerah yang memiliki obyek wisata tetapi kurang dikenal, seperti Desa Senaru, jalur pendakian ke Gunung Rinjani, Lombok Utara, dan obyek wisata Sekotong, Lombok Barat.

Kondisi itu ditopang oleh pembukaan jalur penerbangan domestik dan luar negeri oleh perusahaan penerbangan dalam dan luar negeri. Garuda Indonesia membuka jalur penerbangan Lombok-Makassar setiap hari mulai 16 Oktober 2012. AirAsia sejak 12 Oktober 2012 membuka jalur penerbangan Lombok-Kuala Lumpur tiga kali seminggu. Sebelumnya, Silk Air lebih dulu menerbangi jalur Lombok-Singapura tiga kali seminggu.

”Jakarta, Jawa Barat, dan daerah sekitarnya merupakan pasar potensial bagi NTB. Karena itu, kami memandang perlu mendekatkan diri dengan pasar potensial di seputar wilayah ini,” ujar Awanadhi Aswinabawa, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB.

Promosi pariwisata NTB di Jakarta, Sabtu, diramaikan dengan atraksi kesenian daerah. Ratusan pengunjung pun menikmati sajian itu. (rul)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com