Kompas.com - 02/12/2012, 09:16 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

KOMPAS.com – Tangan-tangan pembeli dengan "penuh nafsu" mengobrak-abrik tatanan kain yang terlipat rapi. Warna-warni cantik mulai dari jingga, merah muda, pastel, biru langit, hijau rumput, hingga kelabu, menjadi pemikatnya.

Warna-warna menyolok memang menjadi khas batik Tasikmalaya terutama warna merah, biru, dan hijau. Salah satu pembatik Tasikmalaya yang lumayan terkenal adalah Deden. Ia memiliki dua toko di Jalan Cigeureung, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Bus-bus pariwisata yang membawa para pehobi belanja seringkali mengarahkan tamu-tamu untuk berbelanja di toko Batik Deden. Usaha Batik Deden sejak taun 1950-an, menjadikan Deden salah satu produsen batik terbesar di daerah tersebut.

Pembeli pun bisa membeli aneka batik dengan motif klasik seperti lereng suling, sekar jagat, dan serat kayu. Ada pula motif bilik yang berbentuk garis berjejer berbentuk horizontal dan vertikal saling bersilangan.

Saat mampir di Batik Deden, Anda bisa membeli kain batik maupun busana jadi. Kain batik tulis tentu lebih mahal daripada batik cap. Beragam busana bisa Anda beli seperti dress untuk wanita sampai kemeja untuk pria.

Kisaran harga pun bervariasi. Untuk kain mulai dari Rp 35.000. Sementara untuk busana di kisaran mulai dari Rp 100.000. Jangan lupa mampir ke tempat pembuatan batik. Minta salah satu karyawan toko untuk mengantar Anda ke tempat ini. Anda pun bisa melihat langsung proses pembuatannya dan juga belajar singkat cara membatik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.