Kompas.com - 02/12/2012, 09:38 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

KOMPAS.com – Saya sempat terbelalak mendengar harga sebuah taplak meja bordir yang saya pegang. Harganya Rp 400.000! Namun, sebanding dengan kecantikan taplak meja ukuran besar itu. Tak sekadar cantik, pembuatannya pun rumit dan memakan waktu yang lama.

Ya, bordir Tasikmalaya yang terkenal itu sebagian besar masih dikerjakan secara manual atau pakai tangan. Ada yang bertugas menyulam sampai orang yang bertugas melubangi. Bahkan untuk selembar kain taplak ukuran kecil saja perlu waktu seminggu untuk mengerjakannya.

Sentra perajin bordir di Kota Tasikmalaya berada di kawasan Kecamatan Kewalu. Salah satunya adalah Toko Haryati di Jalan Air Tanjung Nomor 81. Pemiliknya, Ai Haryati tergolong pemain lama untuk bordir di Tasikmalaya.

Di tokonya, aneka kain bordir bisa dijumpai. Sebut saja mulai dari mukena dan busana muslim dengan bordiran. Lalu kemeja dan baju koko untuk pria penuh dengan bordir. Serta bahan kebaya dan selendang.

Sementara aneka perlengkapan rumah tangga seperti sprei dan sarung bantal bisa juga ditemukan di toko ini. Aneka taplak meja nan cantik siap-siap menggoda untuk dibeli. Ada paket seharga Rp 400.000 sudah termasuk taplak meja, alas kursi, dan bantal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.