Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosikan Wisata Tasik Lewat "Offroad"

Kompas.com - 02/12/2012, 20:58 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com – Komunitas Sukapura Jeep Adventure (SJA) menggelar even offroad di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu hingga Minggu (15-16/12/2012). Medan yang akan ditempuh tim Jeep Adventure ini diklaim paling ekstrem di dua wilayah tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana Sukapura-Siliwangi Jeep Adventure 2012, Hamzah Diningrat menjelaskan, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya memiliki wahana wisata offroad yang berpotensi menarik penggemar offroad di seluruh Indonesia. Hal itu bakal terwujud jika lokasi tersebut dikelola dengan baik. Kini, Perhutani Tasikmalaya telah membuat jalur di kawasan Urug, Kecamatan Kawalu. Jalur ini diharapkan bisa membawa keuntungan di masa depan.

“Hutan Urug di wilayah Kota Tasikmalaya itu telah dijadikan wahana wisata oleh Perhutani dengan mendirikan pondok, sarana bermain, outbound, termasuk jalur offroad yang sangat menantang. Kemudian di wilayah Kabupaten Tasikmalaya juga tidak kalah bagusnya, seperti jalur di wilayah Gunung Tanjung, Cineam, dan sebagainya, jalurnya disukai dan banyak dicari oleh para penggemarnya. Sehingga atas banyaknya animo begitu besar dari para offroader, makanya kami kembali menggelar even ini,” papar Hamzah via siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (2/12/1012).

Hamzah menyebutkan rute offroad yang akan dilewati peserta offroad SJA. Start dimulai dari Makodim 0612 Tasikmalaya kemudian menuju kawasan Urug, Tamansari, Kota Tasikmalaya. Setelah itu masuk ke kawasan Gunung Tanjung, Cineam, hingga finish di Lapangan Manonjaya. Peserta offroad berangkat pada hari Sabtu (15/12) pukul 10.00 WIB dan diperkirakan tiba pada Minggu (16/12).

“Selain mempromosikan jalur wisata offroad ke luar daerah, dalam perjalanannya pun kami menggelar bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada sejumlah bangunan masjid di jalur-jalur yang dilewati. Tidak menutup kemungkinan para peserta pun mengikuti panitia untuk menyumbangkan sedikit rezekinya untuk kepentingan umum, terlebih para peserta kami sengaja terbuka bagi siapapun untuk ikut dengan ketentuan yang ada," ungkap Hamzah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com