Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Baru Mandala Gairahkan Pariwisata Sumbar

Kompas.com - 03/12/2012, 07:24 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, beroperasi rute baru maskapai Mandala Airlines, Padang-Singapura akan mendekatkan akses investor asing untuk datang ke Sumbar di masa mendatang.

"Selama ini kalangan pengusaha asing ingin berinvestasi di Sumbar, mereka harus melalui Jakarta, tapi sekarang sudah bisa langsung dari Singapura-Padang dalam waktu 55 menit," kata Irwan Prayitno di Padang, Minggu (2/12/2012).

Hal ini disampaikan Prayitno setelah kembali dari Singapura, Sabtu (1/12/2012), saat penerbangan perdana Mandala Airlines rute Padang-Singapura.

Menurut Prayitno, para investor asing akan berdatangan ke Sumbar dan bagi yang telah memulai menjajaki pengembangan usaha akan semakin yakin karena akses semakin dekat.

Dampak lain rute baru penerbangan internasional Mandala juga akan menggairahkan sektor pariwisata Sumbar, karena akses wisatawan mancanegara sudah bisa langsung ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Selama ini, wisatawan yang hendak ke Sumbar mesti melalui Jakarta terlebih dahulu, rute baru telah memperpendek jarak dan sedikitnya biaya dikeluarkan lebih sedikit lagi.

"Peluang ini tentu harus dimanfaatkan secara optimal untuk mempromosikan potensi pariwisata dan potensi sumber daya alam," ujarnya.

"Akses transportasi melalui jalur udara sudah sejak beberapa tahun terakhir terbatas, akibatnya sulit mendongkrak kunjungan wisatawan asing. Ini yang kita nantikan rute Padang-Singapura," sambung Prayitno.

Direktur Komersial Mandala Airlines, Brata Rafly menambahkan, manajemen Mandala membuka rute baru Padang-Singapura karena melihat potensi pariwisata Sumbar yang luar biasa.

"Pembukaan rute baru itu merupakan cerminan komitmen Mandala Airlines untuk memperluas jaringan dan meningkatkan konektivitas dalam negeri maupun regional," kata Brata.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com