Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamar Hotel Resor Wisata Lombok Penuh Dipesan

Kompas.com - 03/12/2012, 22:25 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar hotel di kawasan obyek wisata Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, sudah penuh di-booking oleh tamu yang akan mengisi liburan Natal dan Tahun Baru 2013. Pesanan kamar itu mulai megalir sejak Oktober dan November lalu.

"Kami mesti set up kamar lagi sebanyak lima kamar, karena 25 kamar yang ada saat ini over booking," kata Gede Ardana, Resident Manager Hotel Living Asia Resort, kawasan obyek wisata Senggigi, Lombok Barat, Senin (3/12) di Jakarta.

Para tamu yang umumnya mengisi libur natal dan tahun baru it u,umumnya tamu domestik seperti Jakarta, Bandung, bahkan Makassar menyusul dibukanya penerbangan langsung Garuda Lombok-Makassar mulai November lalu, sehari sekali, selain penerbangan direct Lombok-Kuala Lumpur oleh Air Asia, dan Silk Air rute Singapura-L ombok, masing-masing tiga kali seminggu.

"Adanya rute baru dan tambahan penerbangan dari perusahaan penerbangan, semakin memudahkan pengguna transportasi udara ke Lombok, termasuk untuk mengisi liburan natal dan Tahun Baru di Lombok," ucap Gita Aryadi, Kepa la Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB.

Hal senada dikatakan Irandra Valentina, Sales Coordinator Sheraton Senggigi Beach Resort, pesanan kamar terus mengalir dua bulan sebelumnya, sehingga hotel dengan 154 kamar itu tingkat huniannya 80 persen pada 23 De sember 2012, sampai pekan pertama Januari 2013.

"Yang 20 persen itu kemungkinan besar terisi sampai akhir Desember, karena ada tamu yang last minute booking, entah tamu personal atau travel booking," tutur Irandra.

Ramainya pesanan kamar hotel di resort wisata, membuat hotel di perkotaan kebagian tamu. "Karena tidak dapat hotel di resor wisata, tamu menginap di hotel seputaran kota (Mataram)," kata Finka Sadarilla, Senior Sales Executive Grand Legi Mataram Hotel.

Saat beberapa menjelang dan sesudah Natal dan Tahun Baru, tingkat hunian kamar sebanyak 50 persen dari 115 room hotel itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com