Kompas.com - 11/12/2012, 19:12 WIB
EditorI Made Asdhiana

MANADO, KOMPAS.com - Usaha pariwisata di Manado, Sulawesi Utara, meningkat sangat signifikan selama tahun 2012. "Usaha pariwisata seperti hiburan malam, tour dan travel, diving center, hotel, retoran hingga rumah makan," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado, Selasa (11/12/2012).

Menurut Lumentut, jumlah usaha pariwisata bertumbuh karena banyaknya acara-acara bertaraf nasional, dan internasional yang digelar di kota Manado, dalam tiga tahun terakhir ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Manado, Pieter Assa mengatakan, pertambahan tersebut terlihat sangat nyata pada tahun ini.

Assa memaparkan, pada tahun ini, total usaha pariwisata Manado berjumlah 939 buah, dengan perincian tour travel 97 buah, diving center (24), hiburan malam (187), hotel berbintang (15), hotel melati (96), restoran (205) dan rumah makan (315). "Jumlah ini naik dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 556 buah dan pada 2010 sebanyak 551 dengan perincian unit usaha yang sama," kata Assa.

Ia mengatakan, semenjak menjadi kota MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition), Manado menjadi salah satu kota yang paling diminati di Indonesia. "Manado sering menjadi tuan rumah pelaksanaan acara bertaraf internasional setiap tahunnya, dan menghadirkan ribuan orang dari dalam maupun luar negeri," kata Assa.

Assa menambahkan, kegiatan seperti WOC, CTI Summit, Sail Bunaken, kemudian acara nasional seperti pertemuan para dokter, pertemuan hakim seluruh Indonesia serta sejumlah acara lainnya, menggerakkan roda perekonomian di Manado, sehingga berdampak pada meningkatnya kesejahteraan rakyat kota ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.