Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Manado Maju Pesat

Kompas.com - 11/12/2012, 19:12 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Usaha pariwisata di Manado, Sulawesi Utara, meningkat sangat signifikan selama tahun 2012. "Usaha pariwisata seperti hiburan malam, tour dan travel, diving center, hotel, retoran hingga rumah makan," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado, Selasa (11/12/2012).

Menurut Lumentut, jumlah usaha pariwisata bertumbuh karena banyaknya acara-acara bertaraf nasional, dan internasional yang digelar di kota Manado, dalam tiga tahun terakhir ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Manado, Pieter Assa mengatakan, pertambahan tersebut terlihat sangat nyata pada tahun ini.

Assa memaparkan, pada tahun ini, total usaha pariwisata Manado berjumlah 939 buah, dengan perincian tour travel 97 buah, diving center (24), hiburan malam (187), hotel berbintang (15), hotel melati (96), restoran (205) dan rumah makan (315). "Jumlah ini naik dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 556 buah dan pada 2010 sebanyak 551 dengan perincian unit usaha yang sama," kata Assa.

Ia mengatakan, semenjak menjadi kota MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition), Manado menjadi salah satu kota yang paling diminati di Indonesia. "Manado sering menjadi tuan rumah pelaksanaan acara bertaraf internasional setiap tahunnya, dan menghadirkan ribuan orang dari dalam maupun luar negeri," kata Assa.

Assa menambahkan, kegiatan seperti WOC, CTI Summit, Sail Bunaken, kemudian acara nasional seperti pertemuan para dokter, pertemuan hakim seluruh Indonesia serta sejumlah acara lainnya, menggerakkan roda perekonomian di Manado, sehingga berdampak pada meningkatnya kesejahteraan rakyat kota ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com