Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 5 Destinasi Wisata Favorit di Dalam Negeri

Kompas.com - 18/12/2012, 19:50 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang Indonesia makin suka berwisata. Destinasi wisata yang banyak dikunjungi ialah daerah wisata dalam negeri. Seperti yang diungkapkan Manajer Skyscanner Pengembangan Pasar untuk Indonesia, Ira Noviani bahwa orang Indonesia lebih suka traveling domestik karena budaya satu ke satu pulau berbeda. "Juga banyaknya wisata kuliner. Tak jarang orang pergi ke daerah hanya untuk makan. Seperti ke Medan untuk makan," kata Ira Noviani, dalam paparannya di Cafe Pad@28, Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Skyscanner, sebuah situs pencarian perjalanan, mencatat bahwa terdapat lima destinasi wisata favorit di dalam negeri. Lima destinasi terebut yaitu Jakarta yang sering dilaksanakan untuk kepentingan bisnis, Bali yang masih menjadi tujuan favorit orang Indonesia, Yogyakarta sebagai kota yang kental akan kebudayaan, Medan dengan keindahan Danau Toba-nya, serta Surabaya dengan aneka kuliner khas.

Selain itu, Skyscanner juga meramalkan tren wisata pada tahun 2013, diantaranya ialah makin meningkatnya tren situs pencarian perjalanan mobile sehingga mengubah pola orang-orang dalam merencanakan perjalanan mereka.

"Kalau kita melihat tren 2013 akan semakin banyak orang menggunakan mobile karena dapat bisa digunakan dimana saja, kapan saja dalam genggaman kita," kata Ira.

Peningkatan penggunaan situs pencarian perjalanan mobile ini telah tampak sepanjang 2012 dan akan lebih meningkat pada tahun 2013. "Juga disebabkan dengan makin bertambahnya pengguna Android, IPhone/IPad, Windows Phone, Windows 8 dan BlackBerry," kata Ira.

Hal lain yang menjadi tren wisata tahun 2013 ialah kehadiran maskapai penerbangan baru. "Yang baru ini diketahui ialah adanya Malindo, gabungan maskapai penerbangan Malaysia dengan Lion Air yang akan beroperasi 2013 serta akan banyak lagi pertumbuhan maskapai baru tahun depan," ujar Ira.

"Orang Indonesia juga mulai gemar pergi ke tempat wisata yang agak jauh. Negara destinasi favorit yang dikunjungi seperti Korea, Arab, dan Belanda," tambah Ira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com