Kompas.com - 19/12/2012, 09:05 WIB
EditorI Made Asdhiana

SINGARAJA, KOMPAS.com - Kapal pesiar berbendera Denmark "Seabourne Odyssey" berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng, Bali, Selasa (18/12/2012).

Kedatangan kapal yang mengangkut ribuan turis asing itu disambut Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana dan General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Celukan Bawang, Dewa Adi Kumara Jaya.

Nakhoda "Seabourne Odyssey" Kapten Bjarne Bahne Larsen meminta Bupati Buleleng dan otoritas pengelola pelabuhan agar lebih memperhatikan infrastruktur pelabuhan di utara Pulau Bali itu. "Gelombang relatif kecil dan angin yang tidak terlalu keras. Kedalaman air juga mendukung. Namun masih perlu upaya peningkatan fasilitas lagi," katanya.

Bupati Buleleng berjanji segera menindaklanjuti persoalan tersebut sehingga kapal-kapal pesiar dari mancanegara bisa lebih nyaman berlabuh di Pelabuhan Celukan Bawang.

"Peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Buleleng diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam integrasi. Maka dari itu, saya menginstruksikan Disbudpar untuk menata destinasi wisata di Buleleng guna menyinergikan seluruh komponen terkait," kata Putu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng, Made Arya Sukerta diberikan amanat oleh Bupati untuk membantu Disbudpar Buleleng dalam hal pelayanan transportasi.

Di sisi lain, pihak Pelindo yang sejak 2007 telah mempromosikan dermaganya sebagai destinasi kapal pesiar tersebut akan terus berupaya untuk membangun zonasi khusus di Pelabuhan Celukan Bawang.

Zonasi yang dimaksud adalah penempatan tata ruang antara kapal pesiar dengan kapal kargo yang sudah lama beroperasi di dermaga tersebut agar tidak mengganggu aktivitas berlabuhnya kapal pesiar nantinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.