Kompas.com - 20/12/2012, 09:15 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Pantai yang satu ini seringkali dilewatkan. Tanjung Kelayang biasanya menjadi semacam pelabuhan tak resmi bagi perahu-perahu motor sewaan yang membawa wisatawan menjelajahi pulau-pulau kecil Belitung.

Jaraknya dekat dengan kota Tanjung Pandan, ibu kota Belitung. Hanya sekitar setengah jam perjalanan darat. Rumah-rumah kayu penduduk setempat menjadi pemandangan umum sepanjang perjalanan itu.

Sampai di Tanjung Kelayang, pasir putih tampak merajai pantai. Garis pantainya yang panjang membuatnya menjadi arena berjalan kaki santai yang menyenangkan. Tekstur pasir yang begitu lembut menjadikan kawasan ini juga enak untuk berjemur.

Gradasi warna air laut yang bening tampak memukau. Warna kehijauan yang dangkal lalu perlahan-lahan menjadi warna biru gelap. Beningnya laut membuat pengunjung tak segan-segan mencebur ke dalam laut, sekedar melayang-layang alias berenang kecil di tepian.

Bentuk pantai ini adalah semenanjung. Tepat di ujung tanjung, tampak bebatuan granit khas Belitung. Naiklah ke atas untuk melihat seluruh panorama Tanjung Kelayang.

Di kejauhan tampak pulau-pulau kecil yang mengelilingi Belitung. Ke sinilah biasanya wisatawan pelesir. Mereka menyewa perahu yang berlabuh di Tanjung Kelayang. Sebuah warung sederhana dengan kamar mandi kecil seakan menjadi pos tak resmi.

Jadi, jika berkesempatan mampir di Tanjung Kelayang, manfaatkan waktu dengan tak sekadar menjadikan tempat ini perhentian sementara. Sempatkan waktu untuk menjelajahi pesona Tanjung Kelayang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.