Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Penuh Tarian di Tepi Kolam Pemandian

Kompas.com - 23/12/2012, 16:32 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

AMLAPURA, KOMPAS.com - Festival Tirta Gangga 2012 resmi dibuka oleh Bupati Karangasem I Wayan Geredeg di Tirta Gangga, Karangasem, Bali. Festival selama sehari tersebut bertujuan mempromosikan obyek wisata Tirta Gangga dan Karangasem. "Festival ini lebih pada mengangkat kesenian Bali yang secara turun temurun masih diwariskan," kata Ketua Panitia Festival Tirtagangga, Ida Wayan Oka Adnyana saat pembukaan Festival Tirta Gangga, Minggu (23/12/2012).

Ia berharap festival tersebut menjadi awal dalam menarik wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Festival diisi aneka pertunjukan kesenian tradisional khas Bali terutama dari Karangasem. Aneka tarian dan kesenian ditampilkan persis di tepian kolam-kolam Tirta Gangga yang dulunya merupakan taman pemandian peninggalan kerajaan Karangasem. Selain itu juga aneka industri kreatif ditampilkan dalam stan pameran.

"Pameran diisi kuliner hidangan Karangasem, perajin perak, perajin kain gringsing, kain endek," kata Adnyana.

Sementara untuk pergelaran seni, terdapat pergelaran genjek, cenceng massal, dan lawak khas Bali yaitu Candil. Festival dimeriahkan juga oleh sanggar tari yang diisi anak-anak dan remaja sekitar obyek wisata Tirtagangga. Kesenian lainnya yang dipentaskan adalah Cakepung yang merupakan kesenian khas Karangasem berupa pantun bertutur.

Selain itu, pengunjung bisa menyaksikan pula parade angklung. Pertunjukan menarik lainnya adalah joged bumbung, parade baleganjur anak-anak, dan parade pesantrian iringan geguntungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com