Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Gasing Mulai Menarik Minat Turis

Kompas.com - 26/12/2012, 18:09 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Permainan gasing tak hanya sekadar menjadi hiburan rakyat yang populer di Polewali Mandar, Sulawesi Barat terutama pascapanen raya. Permainan tradisonal ini bahkan dijadikan obyek wisata tahunan yang tidak hanya menjadi hiburan yang diperlombakan, namun permainan yang mengandalkan ketrampilan ini diharapkan bisa menarik minat wisatawan domestik maupun asing.

Permainan gasing di Polewali Mandar kini makin populer menyusul kebijakan pemerintah setempat menetapkan permainan rakyat ini sebagai salah satu obyek wisata untuk menarik minta wisatawan.

Festifal gasing yang digelar Dinas Pariwisata Polewali Mandar bekerja sama dengan sejumlah aktivis dan pegiat kebudayaan di Polewali Mandar di Lapangan Pancasila, dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-501 Polewali Mandar terbukti menarik minat berbagai kalangan.

Permainan yang dilombakan dalam sejumlah kategori umur pemain ini selalu menyedot minat dan perhatian warga antar kecamatan. Tak sedikiit warga yang datang dari pelosok desa yang jauh dari kecamatan sengaja datang hanya untuk menonton sambil menjadi pendukung bagi peserta dari kecamatan mereka.

Ridwan, salah satu pemain gasing tingkat anak-anak mengatakan permainan gasing adalah permainan hiburan untuk rakyat yang murah meriah. Aneka jenis kayu yang melimpah membuat gasing bisa jadi milik semua orang. Hanya dengan modal kayu dan tali ditambah sedikit ketrampilan membuat gasing sesuai selera dan permainan ini sudah bisa jadi hiburan.

"Saya belajar bermain gasing hanya dengan melihat teman-teman bermain,"ujar Ridwan.

Impian menjadikan permainan gasing sebagai salah satu obyek wisata yang diharapkan bisa menarik minat wisatawan bukan sekadar isapan jempol belaka. Sejumlah wisatawan asal Australia, Amerika, Kanada, India dan Perancis yang pernah berkunjung dan menyaksikan keunikan budaya Polewali Mandar ternyata tertarik dengan permainan gasing.

Para wisatawan asing itu pun turut terlibat dan berbaur dengan masyarakat. Mereka ikut bermain gasing seperti layaknya warga setempat. Penampilan para wisatawan yang mencoba larut dan ikut bermain gasing dengan warga ini tak pelak mengundang gelak tawa warga. Pasalnya wisatawan yang tidak terbiasa bermain gasing ini berupaya keras untuk bisa memainkan gasing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com