Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel di Badung Tak Kenakan Biaya Tambahan

Kompas.com - 28/12/2012, 07:54 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Sejumlah hotel di Kabupaten Badung, yang merupakan pusat pariwisata Bali, tidak mengenakan biaya tambahan di saat musim puncak liburan akhir tahun atau high season surcharge kepada para wisatawan yang menginap.
     
"Hotel di Badung banyak yang tidak menerapkan high season surcharge karena kami perkirakan hunian tidak akan penuh saat libur akhir tahun," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Badung, IGN Rai Suryawijaya, di Denpasar, Rabu (26/12/2012).
     
Menurut dia, biasanya, saat libur akhir tahun, banyak hotel memanfaatkan momentum tersebut dengan menerapkan biaya tambahan berkisar 20 hingga 30 persen.
     
Namun, untuk tahun ini, hal itu ditiadakan karena lesunya tingkat kedatangan wisatawan, khususnya mancanegara, yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk liburan.
     
"Biasanya ada peningkatan sekitar 15 persen, tetapi sekarang hanya tiga persen," ujar Suryawijaya.
     
Penurunan jumlah wisatawan mancanegara itu diperkirakan masih dipengaruhi oleh krisis ekonomi global yang melanda sejumlah negara di Eropa dan Amerika Serikat.
 
Selain menurunnya jumlah wisatawan mancanegara, banyaknya kamar hotel baru yang bermunculan juga mengakibatkan adanya persaingan di antara pemain lama dan pemain baru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com