Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emirates Mulai Gunakan Terminal Khusus A380

Kompas.com - 03/01/2013, 22:15 WIB
Haryo Damardono

Penulis

DUBAI, KAMIS.com -- Maskapai Emirates memulai operasional dari terminal baru (new concourse) yang dikhususkan untuk penerbangan Airbus A380. Maskapai yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab tersebut, menggunakan terminal tersebut sejak Rabu (2/1/2013).

Baru empat dari 20 gerbang (gate) yang telah dioperasikan pada Rabu. "Seluruh gerbang didesain untuk melayani penerbangan jarak jauh dengan Airbus," kata Chief Executive Dubai Airports, Paul Griffiths, sebagaimana dikutip AFP, Kamis (3/1/2012).

Terminal yang dibangun dengan biaya 3 miliar dollar AS (sekitar Rp 28 triliun) itu diharapkan dapat menangani 15 juta penumpang per tahun.

"Ini sebuah catatan sejarah yang kembali ditorehkan oleh Emirates (sebagai terminal pertama full Airbus A380)," kata Sheikh Ahmed bin Saeed Al-Maktoum, Presiden Direktur Emirates dan Bandara Dubai.

Maskapai Emirates kini merupakan operator terbesar A380 dengan jumlah armada sebanyak 31 unit pesawat. Bahkan Emirates telah memesan 59 unit A380 lagi.

Pada tahun 2015, Bandara Dubai ditargetkan akan melayani 75 juta penumpang, sedangkan tahun 2020 melayani sebanyak 98 juta penumpang. Sebagai pembanding, Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani 43 juta penumpang per tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com