Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 10 Destinasi Wisata Utama di Kota Bitung

Kompas.com - 06/01/2013, 09:48 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Jika Anda ke Sulawesi Utara, masukkan Kota Bitung dalam daftar tempat yang akan Anda kunjungi. Di kota yang berjarak 45 kilometer dari Manado ini terdapat berbagai obyek wisata menarik dan beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan wisata bahari.

Berikut daftar destinasi utama di Kota Bitung sebagai referensi buat Anda yang tertarik untuk mengunjungi kota di bagian Utara Pulau Sulawesi ini.

1. Selat Lembeh

Selat sepanjang 16 kilometer dengan lebar 1-2 kilometer ini memiliki 88 spot penyelaman yang tak kalah indah dibanding dengan Taman Nasional Laut Bunaken. Beraneka biota laut akan menyajikan pemandangan yang menarik termasuk ribuan jenis ikan seperti Mimic Octopus yang hanya ada di Lembeh.

2. Pelabuhan Bitung

Pelabuhan Bitung merupakan pelabuhan alam terbesar di Sulawesi Utara yang menjadi tempat berlabuhnya berbagai jenis kapal baik kapal penumpang, kapal kargo maupun kapal nelayan dan juga terdapat Dermaga khusus milik Angkatan Laut RI.

3. Dermaga Ruko Pateten

Merupakan dermaga super sibuk untuk taksi perahu menuju desa-desa yang ada di Pulau Lembeh dan juga tempat menambatkan perahu nelayan. Dermaga inilah akses menuju spot-spot penyelaman.

4. Monumen Trikora Mandala Sakti

Terletak di Batu Lubang, tepian Pulau Lembeh merupakan monumen sejarah Perang Dunia II. Terlihat dfengan sangat jelas dari daratan Bitung seakan menyampaikan ucapan selamat datang di Pulau Lembeh.

5. Taman Marga Satwa Tandurusa

Berlokasi di Aertembaga Bitung, di Taman Marga Satwa ini dapat dijumpai primata terkecil di dunia, Tarsius yang merupakan monyet kecil yang hanya terdapat di Pulau Sulawesi.

6. Airprang

Berada di Kelurahan Makawidey, Aertembaga, lokasi ini merupakan sumber air bersih bagi penduduk di sekitar Pulau Lembeh dengan formasi 300 lebih anak tangga.

7. Suaka Alam Gunung Batu Angus dan Gunung Tangkoko

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com