Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Jayapura Kembangkan Desa Wisata

Kompas.com - 07/01/2013, 15:55 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Jayapura, Papua, secara gencar mengembangkan kampung wisata sebagai tujuan wisata alternatif selain wisata bahari. "Berbagai kegiatan telah kita lakukan untuk mempersiapkan Kota Jayapura sebagai daerah tujuan wisata pada tahun 2016, salah satunya berkomitmen untuk pengembangan kampung atau desa wisata," kata Wali Kota Jayapura, Tommy Mano di Jayapura, Senin (7/1/2013).

Ia mengemukakan dampak positif pengembangan kampung wisata akan langsung diterima masyarakat dan pendapatan sektor kepariwisataan setempat. "Untuk mewujudkan hal itu, pemkot telah meminta bantuan Kementerian Pariwisata melalui bantuan PNPM Mandiri Pariwisata yang diperuntukkan bagi kampung-kampung wisata yang ada, dengan total dana Rp 100 juta per kampung," katanya.

Menurut Tommy hambatan untuk pengembangan kampung wisata biasanya sumber daya manusia dan kepemimpinan desa. "Untuk  itu, kami menggandeng elemen yang bergerak di bidang pariwisata seperti Asita, Indonesian Chef Association (ICA) untuk mengembangkan kuliner lokal dan kalangan akademik," katanya.

Dinas Pariwisata Koya Jayapura juga terus melakukan pembangunan sarana dan prasarana wisata, seperti pondok wisata di beberapa lokasi dan sosialisasi tentang sadar wisata. "Kita juga telah melakukan pembinaan dan konsolidasi terhadap masyarakat pemilik hak ulayat sehingga tercipta sinergitas dalam pengelolaan lokasi pariwisata," katanya.

Pemkot Jayapura sejak 2010 melaksanakan Festival Humbold sebagai ajang promosi keunikan budaya dan kearifan lokal di Port Numbay. Kegiatan itu, mendapat apresiasi yang luar biasa dari masyarakat.

"Festival tersebut menampilkan pergelaran tari tradisional dari 10 kampung, pameran kuliner, pameran kerajinan tradisional, lomba tari kreasi baru, dan kegiatan seni lainnya, kemudian tahun ini kita kembali akan melaksanakan event tersebut lebih meriah lagi," katanya.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com