Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Minerva Singgah di Semarang

Kompas.com - 07/01/2013, 17:16 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 432 wisatawan asal Eropa dan Amerika singgah ke Jawa Tengah melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (7/1/2013). Para wisatawan yang direncanakan mengunjungi Candi Borobudur tersebut menumpang kapal pesiar Minerva berbendera Panama.

Kedatangan kapal pesiar yang pertama kali singgah di Jawa Tengah pada tahun ini tersebut disambut oleh sejumlah penari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo mengatakan kedatangan para turis ini merupakan bagian awal dari Tahun Kunjungan Wisata 2013. "Informasinya ada sembilan kapal pesiar yang sudah berencana singgah ke Jawa Tengah lewat Pelabuhan Tanjung Emas," katanya.

Prasetyo mengakui, Borobudur masih menjadi satu-satunya tujuan utama para wisatawan asing ini ketika singgah di Jawa Tengah. Ke depan, Jawa Tengah akan mengupayakan tambahan destinasi wisata selain Borobudur bagi para wisatawan ini.

Menurut Prasetyo, salah satu daerah tujuan yang disiapkan yakni Kota Solo. Alasannya Solo memiliki potensi wisata yang bisa dijual, seperti Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran, serta kawasan Museum Sangiran.

Ia mengakui adanya sejumlah kendala berkaitan dengan kunjungan turis asing yang menggunakan kapal pesiar. "Masa kunjungan penumpang kapal pesiar ini hanya sehari. Selain itu, volume kapal pesiar yang berkunjung ke Jawa Tengah sangat bergantung dengan operator yang ada di Bali," katanya.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com