Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Ternate Galakkan Promosi Pariwisata

Kompas.com - 08/01/2013, 10:21 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara pada 2013 akan terus menggalakkan promosi pariwisata, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri ke daerah ini.

Wakil Wali Kota Ternate, Arifin Djafar mengatakan di Ternate, Senin (7/1/2013), promosi pariwisata tersebut dilakukan melalui penyebaran informasi mengenai potensi pariwisata Ternate, baik melalui para pengelola biro perjalanan wisata maupun dengan mengikuti berbagai pameran pariwisata.

Selain itu, Pemkot Ternate juga memanfaatkan jaringan internet untuk mempromosikan potensi pariwisatanya, serta melalui media masa cetak dan elektronik, termasuk untuk menjajaki kemungkinan memanfaatkan televisi nasional.

Arifin mengatakan, melalui kegiatan promosi tersebut diharapkan arus kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri ke Ternate yang selama ini tercatat 6.000-an wisatawan per bulan dapat meningkat di atas 10.000 wisatawan per bulan.

Pemkot juga terus memperbanyak kegiatan untuk menarik wisatawan ke daerah ini, seperti penyelenggaraan Festival Legu Gam setiap bulan April serta Festival Kora-kora setiap Desember.

Menurut Arifin, Pemkot Ternate mulai 2013 terus mengintensifkan pembenahan obyek wisata di daerah ini, baik menggunakan dana APBD maupun bantuan pemerintah pusat serta partisipasi dari kalangan pengusaha pariwisata.

Khusus bantuan dari pemerintah pusat untuk pembenahan pariwisata di Ternate pada 2013 ini mencapai Rp 10 miliar, di antaranya akan dialokasikan untuk penataan sejumlah obyek wisata, seperti obyek wisata Danau Tolire dan sejumlah benteng peninggalan kolonial.

Ia menambahkan, khusus untuk sarana akomodasi bagi wisatawan di Ternate tidak ada masalah karena di daerah ini tersedia banyak hotel, baik hotel bintang maupun hotel melati dengan kapasitas keseluruhannya lebih dari 2.000 kamar.

Akses transportasi dari dan ke Ternate juga semakin lancar, baik transportasi udara maupun transportasi laut. Khusus transportasi udara, saat ini ada tujuh perusahaan penerbangan nasional yang membuka rute penerbangan dari dan ke Ternate tiap hari.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com