Kompas.com - 12/01/2013, 06:43 WIB
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com - Bisnis kuliner tak ada matinya. Di tengah semaraknya bisnis ini, usaha kuliner olahan ayam, bebek, dan lele termasuk yang paling ramai pemainnya. Salah satunya adalah Selvie Susanthi yang mengusung merek Balcon di Jakarta Selatan.

Usaha yang berdiri pada 2010 ini memilih olahan bebek, ayam, dan lele sebagai menu utamanya. Untuk mengembangkan usahanya, Selvie resmi menawarkan kemitraan pada 2012 lalu.

Saat ini, sudah berdiri tiga cabang Balcon. Dua di antaranya adalah milik mitra. Ketiga cabang itu berlokasi di Jabodetabek. Menu favorit di balcon ada tiga, yakni bebek sambal petir, ayam sambal judes, dan lele asap.

Makanan tersebut dibanderol seharga mulai Rp 14.000 hingga Rp 20.000 per porsi. "Kami menyasar konsumen kelas menegah, tapi harga makanan ini masih terjangkau kelas menengah ke bawah," ujar Selvie.

Agar produknya bisa bersaing di pasaran, Selvie memusatkan satu tempat produksi. Mitra pun wajib membeli semua bahan baku baku, seperti daging ayam, bebek, lele dan bumbu di kantor pusat.

Bagi yang ingin menjadi mitra, Selvie menawarkan dua paket investasi. Pertama, paket kios dengan nilai investasi Rp 38 juta. Mitra akan mendapat peralatan masak dan peralatan makan, meja dan kursi, desain interior, dan bahan baku awal.

"Kami juga akan memberikan training maupun standar dan prosedur operasional (SOP) tentang cara mengelola bisnis ini," katanya.

Silvie menargetkan, mitra bisa menjual 60 porsi hingga 80 porsi per hari. Nilai omzet sekitar Rp 1 juta per hari, atau Rp 30 juta per bulan.

Kedua, paket resto dengan investasi Rp 60 juta. Mitra mendapatkan peralatan masak dan makan dengan jumlah yang lebih banyak dari paket kios. Mitra juga mendapat kursi dan meja untuk ukuran gerai sekitar 70 meter persegi, pelatihan dan bahan baku awal.

Estimasi omzet per hari sekitar Rp 2 juta per hari, atau 60 juta per bulan. Selvie menjanjikan mitra bisa meraup keuntungan sebesar 40 persen dari omzet, dan bisa balik modal sekitar enam bulan hingga satu tahun pasca beroperasi.

Halaman:
Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.