Rasa Unik Colenak dan Uli Bakar

Kompas.com - 13/01/2013, 11:13 WIB
|
Editorkadek

KOMPAS.com — Bandung terkenal dengan beragam kulinernya yang mampu membuat siapa pun ketagihan untuk datang lagi dan lagi. Salah satu kuliner unik yang bisa kita temui di Bandung adalah colenak.

Colenak tenar pula disebut tape bakar. Dalam bahasa Sunda, tape disebut peuyeum. Colenak disajikan dengan siraman gula jawa cair dicampur dengan kelapa yang diserut.

Banyak tempat di Bandung menjual jajanan colenak ini. Salah satunya bisa Anda temukan di Pasar Lembang, Jalan Raya Lembang.

Salah satu penjualnya, Dindin, mengaku telah menjual colenak secara turun-temurun. Ia membandrol sepotong colenak dengan harga Rp 5.000.

Sebelum disajikan kepada pembeli, colenak berbentuk tape berwarna kuning. Tape dibakar selama sekitar lima menit atau lamanya sesuai dengan permintaan pembeli. Pembeli pun dapat melihat langsung proses pembakaran di tempat.

Selain tape, ada juga uli bakar. Uli terbuat dari ketan. Agar menambah cita rasa, uli disiram dengan sambal kacang, sambal oncom, ataupun serundeng. Pembeli bisa memilih salah satunya atau bisa mencampur uli dengan ketiganya.

Tekstur lembut dan rasa tape berpadu apik dengan manisnya gula cair. Sementara gurihnya uli semakin diperkuat dengan sambal oncom. Walaupun hanya makan sepotong, lumayan mengenyangkan. Satu hal yang pasti, rasanya membuat ketagihan!

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X