Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Banyak Ahli di Bidang Kuliner Indonesia

Kompas.com - 13/01/2013, 13:00 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Baru-baru ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merilis 30 ikon kuliner Indonesia, yang dapat mewakili makanan Indonesia pada event internasional. Sayang, belum banyak ahli di bidang kuliner Indonesia yang dapat mengangkat citra kuliner Indonesia dan memunculkan rasa asli dari kuliner tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung Noviendi Makalam, di Bandung, Jumat (11/1/2012) malam. Ia pun menambahkan, masakan Indonesia sangat beragam dan bervariasi jumlahnya. Namun, ia melanjutkan, belum ada basis data makanan Indonesia ataupun koki yang andal di bidang kuliner Indonesia.

Menyadari hal tersebut, STP Bandung bersama PT Ajinomoto Indonesia mengadakan program "Exploring Wonders of Umami", yang bertujuan mencetak calon koki profesional untuk lebih mengangkat kuliner Indonesia baik di mancanegara maupun di negeri sendiri.

"Kita ingin menciptakan rasa yang benar untuk setiap makanan Indonesia, bukan masakan yang disesuaikan dengan lidah penduduk setempat seperti masakan Jepang yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia," ucap Novi.

Bagaimanapun, menurut dia, makanan Indonesia sebenarnya enak semua. Hanya saja, kata Novi, hal terpenting adalah interpretasi, cerita di belakang makanan, filosofi, dan sejarah suatu kuliner.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com