Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Rakyat di Sungai ala Batak Mandailing

Kompas.com - 14/01/2013, 16:13 WIB

KOMPAS.com - Penjelajahan Kamga dalam program “Explore Indonesia” di Kompas TV berlanjut ke Provinsi Sumatera Utara. Mandailing Natal, menjadi salah satu destinasi. Kabupaten mendapat julukan Serambi Mekkah di Sumatera Utara ini menyimpan sebuah tradisi unik nan menarik.

Bersumber dari gugusan Bukit Barisan, enam sungai mengalir di kabupaten tersebut, yang biasa disebut Madina. Sungai, berkah alam yang terus dijaga kelestariannya oleh masyarakat setempat. Melalui tradisi Lubuk Larangan, masyarakat Madina memanfaatkan isi sungai sesuai ketentuan adat.

Lubuk Larangan berarti sungai terlarang. Sesuai kesepakatan adat, masyarakat setempat dilarang untuk menangkap ikan di sungai yang menjadi lokasi Lubuk Larangan. Lamanya masa larangan berkisar antara 6 bulan hingga 1 tahun.

Setelah waktu larangan yang disepakati, masyarakat kemudian menggelar “pesta” menangkap ikan bersama. Jaring, pancing, dan peralatan tradisional menangkap ikan lainnya pun diusung. Ratusan peserta berjibaku menangkap ikan. Tak terkecuali Kamga.

Seperti apa “pesta” rakyat di sungai ala masyarakat Madina? Ikuti penjelajahan Kamga dalam program Explore Indonesia episode "Tapanuli" di Kompas TV, Selasa (15/1/2013) pukul 11.00 dan 21.00 WIB. Anda juga bisa menyaksikannya di www.kompas.tv/live. (Kompas TV/Amelia Tagaroi)

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com