Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekalongan Targetkan 130.000 Wisatawan

Kompas.com - 16/01/2013, 19:55 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah menargetkan sekitar 130.000 wisatawan berkunjung ke daerah setempat pada tahun kunjungan wisata Jateng 2013 atau Visit Jateng 2013.

Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan Kota Pekalongan, Doyo Budi Wibowo di Pekalongan, Selasa (15/1/2013), mengatakan bahwa untuk menggenjot kunjungan wisatawan ke Kota Pekalongan, pemkot telah menyiapkan sejumkah destinasi atau daerah tujuan wisata andalan.

"Destinasi andalan yang akan kami tawarkan pada wisatawan pada Visit Jateng 2013, antara lain mencakup wisata budaya dan alam," katanya.

Menurut Wibowo, destiniasi wisata yang menjadi andalan Kota Pekalongan antara lain Museum Batik Nasional, Kampoeng Batik Kauman dan Pesindon, Kampung Canting, serta objek wisata Pantai Pasir Kencana.

"Selain destinasi wisata itu, kami juga akan mengembangkan objek wisata budaya baru, yaitu Kawasan Jetayu," katanya.

Sejumlah destinasi wisata andalan tersebut saat ini telah siap ditawarkan kepada para wisatawan saat Visit Jateng 2013. "Semua bangunan budaya telah kami lakukan renovasi sehingga kami optimistis pada Visit Jateng 2013, obyek wisata di Kota Pekalongan akan menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan," katanya.

Wibowo melanjutkan, pada Oktober 2012, Museum Batik Nasional direnovasi sehingga sempat ditutup hingga akhir Desember 2012 untuk kunjungan wisatawan. "Sedangkan sejak Januari hingga Desember 2012 tingkat kunjungan wisatawan ke Museum Batik Nasional mencapai 9.267 orang, 129 di antaranya adalah wisatawan mancanagera," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com